oleh

BLKK Ponpes Darussalamah Fokus Kembangkan Produk Fashion

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Darussalamah yang berada di Komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalamah Desa Marga Sakti Kecamatan Muara Kelingi kian serius mengembangkan produk fashion.

Pembina BLKK Darussalamah Nurhasanah mengatakan BLKK sebagai unit pelatihan kerja yang didirikan di lembaga pendidikan keagamaan atau lembaga keagamaan non Pemerintah. Dimana, tujuannya untuk memberikan bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja dan bagi komunitas masyarakat sekitarnya sebagai bekal untuk mencari kerja atau berwirausaha.

Dikatakannya, saat ini BLKK Darussalamah sudah meluluskan dua angkatan peserta pelatihan keterampilan kerja. Dimana para peserta yang mengikuti program pelatihan di BLKK Darussalamah yang didominasi kaum milenial dan ibu rumah tangga  khususnya kegiatan pelatihan menjahit.

Menurutnya, BLKK Darussalamah akan memfokuskan untuk melakukan pelatihan kerja keterampilan menjahit dengan target produk yang dihasilkan adalah Fashion.

“Alhmdulilh bulan ini kami BLKK Darussalamah melalui peserta pelatihan yang sudah mengikuti keterampilan menjahit sudah mulai melakukan produksi pakaian jadi, dalam bulan ini sudah ada 40 setel pakaian jadi seragam untuk kegiatan wisuda santri,”kata Nurhasanah kepada Silampari Online, Sabtu (13/3/2021).

Kemudian, pihaknya sengaja memilih melakukan pelatihan keterampilan kerja menjahit karena melihat potensi usaha di bidang fashion khususnya seragam kelompok dan komunitas sangat menjanjikan, dan dapat di jalankan dengan modal yang relatif sedikit.

“Misalkan ketika para peserta yang telah berhasil lulus mengikuti pelatihan dengan bekal keterampilan menjahit yang di milikinya maka sederhananya di rumah mereka sembari mengisi waktu yang senggang mereka dapat menerima jasa jahitan pakaian, atau jika sudah memiliki modal yang cukup dapat membuka konveksi,”pungkasnya. (Musyanto)