oleh

Blok Penghuni Lapas Narkoba Dirazia Tim Gabungan, Hasilnya Mengejutkan!

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Tim gabungan dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mura, Polres Mura, Kodim 0406/MLM dan Brimob Polda Sumsel, Selasa (6/4/2021) melakukan razia di 42 Kamar di empat Blok di Lapas Narkotika.

Alhasil sidak tersebut petugas mendapati 10 unit Handphone (HP) milik para warga binaan, dan barang-barang berhanya lainnya seperti Kipas delapan unit, Kabel Terminal delapan buah, Sendok 12 buah dan Casan Rusak lima unit serta Korek Gas 15 unit.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Rudik Erminanto mengatakan, hari ini (kemarin) pihaknya melakukan razia di seluruh kamar warga binaan yang terdiri dari Blok Angsa 9 kamar, Blok Bangau 9 kamar, Blok Camar 12 kamar dan Blok Dara 12 kamar.

Untuk diketahui, jumlah warga binaan saat ini mencapai 693 orang, dengan kapasitas seharusnya 289 orang. Penggeledagan ini dilakukan secara rutin dalam rangka Hari Bakti Pemesyarakatan ke-57 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

“Inilah bentuk sinergi kita dalam memberantas narkoba di Lapas. Sehingga kita bisa ikut berperan aktif memberantas narkoba dan kedepan akan tetap dilaksanakan,”kata Rudik.

Dikatakannya, barang yang ditemukan dalam sidak tersebut, tentu semua sangat membahayakan, khususnya kabel untuk hal yang tidak baik karena penyambungannya tidak baik dan bisa menyebabkan kebakaran di dalam Lapas.

Sementara itu, Kasat Satnarkoba, AKP Denhar menjelaskan, Polres Mura mengucapkan terimaksih kepada Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti yang melibatkannya dalam kegiatan razia kamar Lapas. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif, karena banyak barang terlarang yang didapat.

Terlebih lanjut dia, peredaran narkoba dilakukan dengan berbagai cara, sehingga perlu dilakukan razia kamar Lapas. Kedepan tetap terlaksana dan diwaktu lain bisa menemukan barang yang berbahaya, termasuk narkoba.

“Jika dilakukan secara rutin, sehingga ada ketakutan warga untuk memasukan barang terlarang. Kami mendukung dan jika diundang kami siap membantu,”tutur Denhar.

Ditempat yang sama, Kasdim 0406/MLM, Mayor Czi Ayub menyampaikan, kegiatan ini sangat positif dan terimakasih kepada Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti karena telah melibatkan Kodim.

“Seyoganya kita bersinergi untuk memutus mata rantai penyalahgunaan narkoba di dalam Lapas. Kegiatan ini sangat baik yang bisa dilakukan kapan saja tanpa pemberitahuan, sehingga kita bisa mendapatkan yang maksimal sesuai diharaokan. Kami siap mendukung dan bersinergi melakukannya,”pungkasnya. (Kris)