BNNK Empat Lawang Sasar PN Lahat

 

BERSAMA : Foto bersama petugas dari BNNK Empat Lawang, dengan Keepala PN Lahat, usai kegiatan, Kamis (14/1/2020). Foto : IST.

Silampari Online,

Bacaan Lainnya

LAHAT – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Empat Lawang, menyasar gedung kantor Pengadilan Negeri (PN) Lahat, untuk melakukan tes urine dadakan kepada semua hakim termasuk staf dan pegawai, di pengadilan negeri tersebut, Kamis (14/1/2020).

“Ada sekitar 50 orang yang kita tes urine-nya, termasuk kepala pengadilan negeri Lahat. Hasilnya, semuanya negatif,” ungkap Kepala BNNK Empat Lawang, AKBP Syahril melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), BNNK Empat Lawang, Azhari SKep kepada wartawan, usai melaksanakan kegiatan.

Selain menggelar tes urine, BNNK Empat Lawang juga melaksanakan kegiatan sosialisasi di kantor pengadilan negeri Lahat. “Tes urine dan sosialisasi merupakan salah satu prioritas dalm pencegahan dan merupakan amanat Inpres nomor 2 tahun 2020,” kata Azhari.

Menurut survey di-2018 lalu kata Azhari, Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan provinsi yang masuk tiga besar jumlah pemakai Narkoba. Oleh karena itu, untuk melaksanakan Inpres nomor 02 tahun 2020, yang salah satunya amanatnya untuk mencegah aparatur sipil negara (ASN) dari penyalahgunaan Narkoba, dilaksanakanlah kegiatan tes urine dan kegiatan sosialisasi ini.

“Ini untuk memastikan bahwa hakim di pengadilan negeri Lahat tetap bebas Narkoba, dan kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun oleh pengadilan negeri Lahat,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Inpres nomor 02 tahun 2020 mengamanatkan setiap instansi baik negeri dan swasta wajib melaksanakan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan Narkotika di wilayah kerjanya masing-masing minimal setahun sekali, baik melalui sosialisasi, tes urine dan sebagainya.

“Kita dari BNNK Empat Lawang mengapresiasi pengadilan negeri Lahat karena salah satu instansi yang telah berkomitmen dalam menjalankan Inpres nomor 06 tahun 2018 yang kemudian diperbaruhi menjadi Inpres nomor 02 tahun 2020,” tuturnya.

Sementara, Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Yoga DA Nugroho SH dalam peyampaianya mengatakan, pengadilan negeri Lahat, dari awal sudah berkomitmen dalam menjalankan Inpres yang dimaksut, guna menekan peredaran gelap Narkoba. Tentu saja kata dia, ini juga merupakan upaya pencegahan yang dilaksanakan pengadilan negeri Lahat, agar bebas dar bahaya laten Narkoba. (frz/rilis)