BPPT RI Anugerahkan Penghargaan untuk Bupati Mura

Se-Indonesia hanya 4 Bupati

SILAMPARI ONLINE,

Bacaan Lainnya

MUSI RAWAS-Raihan penghargaan terus diterima dan menjadikan Musi Rawas semakin Membahana di Persada Nusantara. Yang terbaru Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan bakal dianugerahi Penghargaan tingkat nasional dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPT RI). Lebih prestisus lagi penghargaan dari BPPT RI itu hanya diberikan kepada empat Bupati se-Indonesia.

Penghargaan diberikan kepada Bupati H Hendra Gunawan karena Musi Rawas telah melaksanakan Inovasi Daerah melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di seluruh desa secara elektronik atau eVoting. Dimana itu merupakan wujud dari upaya melaksanakan Transformasi Digital.

Dari informasi yang berhasil dirangkum, dalam rangka HUT BPPT ke 42 tahun, dengan tetap terus mewujudkan Inovasi Nasional, dengan dukungan SDM BPPT yang bekerja Solid, Smart, Speed, dan dukungan implementasinya di Pemerintah Daerah, maka Kepala BPPT RI akan memberikan penghargaan. Disebutkan, anugerah penghargaan yang diberikan berupa sertifikat kepada Bupati Musi Rawas, Bupati Bantaeng, Bupati Boalemo dan Bupati Mempawah.

“Alhamdulillah, sejak tahun 2013 Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dibawah bimbingan dan arahan BPPT RI telah menggelar Pilkades eVoting sampai saat ini. Menjadi yang ketiga di Indonesia dan pertama di Sumatera pada 2013 lalu kita terus melaksanakan Pilkades eVoting sebagai wujud dari upaya melaksanakan Transformasi Digital,” kata Bupati H hendra Gunawan saat dikonfirmasi wartawan Senin (17/8).

Ratusan desa bahkan seluruh desa di Musi Rawas saat ini sudah dipimpin oleh Kepala Desa yang dipilih lewat pesta demokrasi Pilkades eVoting. Bahkan di 2020 ini sebenarnya sudah diagendakan untuk melaksanakan Pillades eVoting serentak di Musi Rawas. Hanya saja karena berbarengan dengan Pilkada serentak 2020 dan juga akibat adanya pendemi Covid19 maka Pilkades eVoting ditunda.

Bupati H Hendra Gunawan juga membenarkan jika Musi Rawas akan menerima penghargaan dari BPPT RI.
“Alhamdulillah, BPPT RI akan memberikan Penghargaan di HUT BPPT RI ke 42 kepada empat Bupati yang daerahnya telah melaksanakan Pilkades eVoting di seluruh desa termasuk Musi Rawas,” ungkap Bupati H Hendra Gunawan.

Atas pencapaian ini H Hendra Gunawan yang tiga kali berturut dinobatkan sebagai Bupati Inovatif dalam Ajang Innovative Goverment Award (IGA) dari Kemendagri itu merasa begitu senang dan tentunya bersyukur karena inovasi yang telah diterapkan bukan hanya meraih hasil optimal tapi juga mendapatkan pengakuan secara nasional.
“Ini semua tentunya capaian luar biasa dari semua pihak didukung dengan semangat AK5 menjadikan Musi Rawas semakin Sempurna. Dengan bekerja Solid, Smart dan Speed, bukan hanya sebatas Pilkades eVoting saja, semua sektor akan terus kita gali potensi dan terapkan inovasi sebagai wujud dari upaya melaksanakan Transformasi Digital guna mewujudkan Inovasi Nasional,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada 2013 lalu, setelah sukses menerapkan teknologi pemilihan elektronik (e-voting) Pilkades di Boyolali Jawa Tengah, Jembrana dan Tabanan Bali, untuk pertama kalinya di Sumatera tepatnya Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Musi Rawas, Desa Taba Renah Kecamatan Selangit dan Desa U2 Dadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas, menggelar Pilkades dengan teknologi e-voting.

Terobosan baru, pertama kalinya penyelenggaran e-voting di Sumatera diselenggarakan itu bisa terlaksana atas upaya inisiatif dari pemerintah Kabupaten Musi Rawas. Teknologi e-voting telah banyak digunakan karena memiliki banyak keunggulan. Diantaranya tidak perlu mencetak surat suara, pemberian suara mudah dilakukan dan dapat mengakomodir pemilih berkebutuhan khusus, proses penghitungan suara lebih cepat, tepat, dan akurat, pengiriman surat suara langsung ke pusat data, dan penayangan hasil berbasis web yang menjamin transparansi, menghasilkan jejak audit, dan efisiensi jumlah SDM dan juga ternyata menunjukkn peningkatan jumlah pemilih. Makanya setelah itu, setiap tahunnya hingga saat ini Musi Rawas twrus melksanakan Pilkadea eVoting. Bahkan berbagai daerah baik dari Sumatera maupun dari luar Sumatera banyak yang belajar ke Musi Rawas agar bisa melaksanakan Pilkades eVoting. (pnc)