oleh

Buat Soal Jangan Sampai Bocor

-Tak Berkategori-329 Dibaca

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Lubuklinggau, adakan rapat pembukaan dan pembuatan master soal USBN dan UUB di SD Negeri 55 Lubuklinggau, Senin (26/3).

Kegiatan tersebut dihadiri Kadisdikbud Kota LubukTamri ,Kabid Dikdas Virry Grinita ,Kasi Kurikulum Sutarman, narasumber dari LPMP Baisuki serta seluruh kepala SD, dan kelompok kerja guru (KKG).

Dalam sambutannya Kabid Dikdas, Virry Grinita mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah hadir dan akan memberikan bimbingan serta pembinaan dalam rangka pembuatan soal untuk USBN dan UUB.

Dikatakan Virry, soal dibuat 75 persen dari KKG dan 25 persen dari pemerintah pusat. untuk tim pembuat soalpun,tim yang sudah terpilih.

“Tim ini tidak sembarang dipilih, jadi jangan iri,mereka sudah mengikuti Bimtek baik dari LPMP maupun Kementerian,” ungkapnya.

Virry juga menegaskan kepada tim dalam hal ini KKG untuk menjaga kerahasian soal. Agar soal tersebut tidak bocor nantinya.

“Kita mohon betul, harus menjaga kerahasiaan, jangan sampai di foto foto. ketika soal selesai dibuat langsung dikumpul,” pintanya.

Ia juga tidak ingin mendengar ada kepala sekolah yang membesar besarkan nilai siswa. karena hal itu tidak baik. Apalagi system penerimaan siswa baru tahun ini,yang paling penting yakni sistem zonasi, kedua umur dan barulah dilihat dari nilai.

“Saya tidak ingin mendengar ada kepala sekolah yang bilang anak didik saya masuk SMPN 1 semua atau masuk SMPN 2 semua. Tahun ini, penerimaan hal paling penting dalam menerima siswa melalui zonasi , lalu umur ,dan barulah nilai. oleh karena itu, tidak perlulah membesarkan nilai siswa, prestasi memang penting, tapi paling utama kejujuran,” tegas Virry.

Ditambahkan Kasi Kurikulum Dikdas, Sutarman, pembuatan soal dilaksanakan selama dua hari,adapun soal yang dibuat yakni tiga mata pelajaran di USBN kan meliputi Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Sedangkan soal UUB yakni meliputi semua pelajaran dari kelas 3 hingga kelas 6.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Dan dengan menghadirkan narasumber  dari LPMP maka kita berharap soal sesuai dengan pos UN yang dikeluarkan BNSP,” pungkasnya.(HS-09)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel