Bukit Napal Melintang Segera Dibangun Bronjong

Silampari Online,

MUSI RAWAS- Guna mencegah terjadinya longsor terhadap kondisi terakhir daerah perbukitan berada di Desa Napal Melintang, Pemerintah Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas (Mura) telah mengusulkan fasilitas bangunan penahan (bronjong). Mengingat, Napal Melintang merupakan desa yang rawan longsor.
Hal tersebut disampaikan Camat Selangit, Christiandi saat diwawancarai Harian Silampari, beberapa hari yang lalu.
Dijelaskannya, berdasarkan informasi langsung pihak Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) benar untuk kondisi perbukitan Napal Melintang berada lingkup Kecamatan Selangit dalam kondisi rawan terjadinya longsor.
“Tidak hanya sekedar pembersihan, namun pihak kecamatan juga sudah mengajukan usulan ditahun 2018 ini dibangun fasilitas penyangga bukit, atau lebih dikenal sebutan bangunan berojong mengelilingi areal perbukitan,”jelasnya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk kondisi bukit di desa Napal Melintang saat ini mengkhawatirkan rawannya terjadi longsor akibat kerap kali keberadaan batuan berada perbukitan telah sering berjatuhan kebawah. Sehingga, sebagai langkah antisipasi belum lama sepekan terakhir bersama warga sudah rutinkan kegiatan gotong royong bersih-bersih.
“Untuk giat gotong royong pembersihan bersama sekaligus dibantu peran tiga pilar desa maupun warga masyarakat setempat,”terangnya.
Menurutnya, untuk desa Napal Melitang sendiri merupakan desa menjadi pailot project pemerintah kabupaten menjadikan desa napal melintang sebagai desa sanitasi.
“Bukan hanya dibangun beronjong namun untuk Napal Melintang sudah memang menjadi target Pemkab yakni Bupati bertahap melakukan sejumlah peningkatan pembangunan infrastruktur yang dikembangkan dan sanitas air,”paparnya.
Selain itu, semuanya sudah kita mulai dengan telah membangun dari pada pelebaran ruas jalan hingga 1,5 kilometer mulai tanjakan desa Batu Gane sampai wilayah desa Napal Melintang.
“Jika memungkinkan untuk tahapan selanjutnya semua dilanjutkan pembangunan pelebaran ruas jalan,”ucapnya.
Sementara, Kepala Dinas Pengerjaan Umum Bina Marga (DPU-BM) H Aidil Rusman membenarkan adanya langkah pemerintah pihaknya mulai tahun 2017 lalu dengan telah merealisasikan membangun pelebaran ruas jalan.
“Kalau dari sisi teknis isfrastruktur pembangunan keberadaan ruas jalan membangun pelebaran jalan sekitar 1,5 KM. Sedangkan, tahun 2018 ini nantinya bakal kita lanjutnya dengan telah menganggarkan segera pelebaran jalan mulai dari Taba tengah sampai wilayah areal perbukitan berbatasan Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu,”pungkasnya. (HS-02)