Bunda Lia Bersama PKK Muratara Produksi Disinfektan Alami

SILAMPARI ONLINE,

MURATARA-Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Pemkab Muratara) melalui PKK Muratara melakukan berbagai langkah konkret, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19). Salah satunya memproduksi disinfektan dari bahan alami.

Bacaan Lainnya

Ketua TP PKK Muratara Lia Mustika Syarif mengatakan, pihaknya memproduksi disenfektan dengan berbahan alami dan mudah di dapat di Kabupaten Muratara, tepatnya perkarangan rumah. Bahan alami hand sanitizer itu meliputi serai wangi, sirih, daun jeruk nipis, pandan wangi, daun bambu.
“Semua bahan ini dicampur dan direbus hingga masak,” ujar Bunda Lia sapaan Lia Mustika Syarif kepada Silampari Online, Minggu (5/4/2020).

Untuk perbandingan campuran air dan bahan yakni 2 : 5, yakni 2 kg bahan alami dan 5 liter air. Selanjutnya, bahan- bahan direbus dengan suhu 90 derajat celcius. “Bahan-bahan ini mudah didapat di sekitar kita dan tidak sulit memasaknya,” ucap Bunda Lia.

Diakuinya, bahan sirih ini bisa menghilangkan bakteri bukan obat memusnahkan covid-19, namun demikian bisa digunakan untuk pencegahan. Memang bila membeli disinfektan berbahan kimia banyak tapi harganya mahal. Agar warna air tidak berwarna coklat akibat rebusan sirih maka dicampur dengan daun jeruk nipis yang juga mengandung anti septik dan bahan bahan lainnya.
“Disinfektan berbahan kimia yang disemprotkan ke tubuh itu tidak bagus karena bisa mengalami iritasi, nah disinfektan yang kami buat ini benar benar alami dan aman untuk kulit,” terangnya.

Istri Bupati HM Syarif Hidayat ini menghimbau kepada masyarakat, dalam menghadapi covid -19, jangan panik namun tetap waspada. Sebab wabah ini melandai sedunia. “Ayo, kita menjaga kesehatan di lingkungan masing-masing,” imbaunya. (Shahudi)