Bunda Lia : Manfaatkan Pekarangan Tanam Toga

Pengurus Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), terapkan TANAM toga

SILAMPARI ONLINE

MURATARA – Pengurus Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), terapkan masyarakat agar lahan perkarangan dengan melakukan tanaman obat keluarga (Toga), Senin (02/09). Ajakan kepada masyarakat tersebut dilakukan dengan mengajak anggota PKK Desa dengan membuat kebun PKK Desa dengan tanaman obat keluarga.

Seperti yang dikatakan oleh, Ketua PKK Desa Bukit Langkap, Mimi mengatakan, guna memanfaatkan halaman perkarangan. Hari ini (kemarin-red) kita lakukan percontohan. Dijelaskanya, dengan membuat tanaman Toga PKK bersama anggota, kedepan diharapkan semua anggota PKK setiap kampung dapat kembali menerapkanya, sehingga setiap halaman pekarangan dapat dimanfaatkan.

“Disisi lain, menanam tanaman obat di pekarangan juga membantu penghijauan karena sama seperti tanaman lainnya, toga juga dapat menyumbang oksigen sehingga lingkungan menjadi segar dan asri,” terang ia.

Bahkan ia berpesan, menanam berbagai jenis toga itu mudah tetapi menjaga dan merawat yang cukup sulit sehingga diperlukan kemauan disamping rasa cinta akan tanaman yang ditanam sehingga bisa tumbuh subur. Selain itu, pihaknya juga menam sayur-sayur, seperti tumbuhan kacang-kacangan maupun cabai. “Hal ini kita mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan perkarangan,”katanya.

Kegiatan ini merupakan upaya dalam pengembangan intensifikasi tanaman holtikultura sehingga setiap halaman dan pekarangan rumah bisa ditanami berbagai jenis toga minimal untuk kebutuhan sendiri, paparnya. “Toga yang ditanam di pekarangan rumah akan sangat bermanfaat, baik sebagai obat tradisional, jadi bumbu pelengkap masakan hingga menambah nilai estetika tanaman,” tuturnya. (HS-04)