Bunda Lia Mustika Pimpin Rakor PKK Tingkat Kabupaten

SILAMPARI ONLINE,

MURATARA – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Kabupaten Muratara. Rapat ini dipimpin langsung Bunda Lia Mustika Syarif. Dalam Rakor tersebut mengangkat tema “Sinergitas program PKK mewujudkan keutuhan dan kerukunan keluarga sebagai perangkat bangsa mewujudkan masyarakat mandiri, maju, dan sejahtera.”

Muat Lebih


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD&P3A) Hj Gusti Rohmani melakukan rapat koordinasi terhadap anggota PKK Muratara dengan pemerintah Kabupaten Muratara.

“Terhadap program yang memiliki kesamaan dan perlu adanya kerjasama antara PKK dengan OPD. Terutama program yang menyangkut keperlu masyarakat umum,” jelasnya, Kamis (14/11/2019).

Program dimaksud misalkan program UMKM, Kesehatan Masyarakat, Pertanian. Ini perlu kita rapatkan, sehingga seandainya ada problem di masyarakat bisa di bicarakan. Ditempat yang sama, Ketua TP PKK Muratara Lia Mustika Syarif menyambut baik rakor yang diadakan. Karena menurutnya hal itu penting, agar program PKK dan visi misi Bupati dan Wakil Bupati bisa rercapai. “Ada 15 OPD yang berkaitan dengan program PKK. Diantaranya Dinas KB, Dispertanikan, Dinas kesehatan, Pendidikan dan liannya,”sampainya.

Ia menyampaikan ada beberapa program PKK Muratara, diantaranya melalukan pembinaan pada kelompok kepedulian terhadap pelaku ekonomi kerakyatan. Dengan pembinaan setiap ada kunjungan. Memberikan kesempatan untuk memamerkan produk di berbagai event. Misalkan ada event pameran, baik lokak maupun tingkat Propinsi. Contoh di jakarta beberapa waktu yang lalu,kita memamerkan batik Muratara,” ujarnya. Sambungnya, nah batik di Muratara sudah ada di Desa Biaro Lama, Kecamatan Karang Dapo. Disana sudah ada home batik.

Ditambahkannya, ini tinggal di bina, cikal bakal sudah ada. Harus ada suport dari Pemda melalui Disperindagkop. Mereka sudah memiliki skil individu. Ada skil melukis, menjahit dan lainnya. Tidak hanya pembinaan bidang ekonomi, namun PKK juga kepedulain terhadap kesehatan anak balita (stunting), kesehatan reproduksi (Iva test).

Sementara itu, Bupati Muratara H M Syarif Hidayat melalui Asisten I Tata Pemerintahan (Tapem) Susyanto Tunut menyampaikan, pesan Bupati sama sama membantu program pemda memerangi Narkoba. PKK salah satu organisasi yang ikut andil dalam pembangunan Muratara, maka pada pertemuan kali kali ini penting sebagai sarana tukar fikiran.

“Hal ini penting, karena PKK telah berperan sebagai mitra strategis pemerintah, khususnya terkait pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga,” jelasnya Ia berharap Rakor dapat memiliki peran penting terutama dalam memelihara budaya organisasi yang rasional dan propesional. Agar peran kedepannya benar benar menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat khususnya dalam membantu membangun keluarga keluarga sejahtera, keluarga yang bisa menjadi pusat pembinaan anggota PKK. “Keluarga yang sejahtera berarti keluarga yang mampu memberdayakan diri sendiri dalam memenuhi berbagai kebutuhan, sehingga dari ranah ini juga kita bisa menguatkan kualitas pendidikan kesehatan,” utaranya.

Laporan : Shahudi
Editor : Agus Hubya H