Bupati dan Kapolres Hadiri Jambore Gerakan Pramuka cabang Kabupaten Musi Rawas

SILAMPARI ONLINE

Sebanyak 1.350 pelajar di 11 Kecamatan dalam Kabupaten Musi Rawas (Mura), mengikuti Jambore Gerakan Pramuka cabang Kabupaten Mura, yang dilaksanakan sejak 23 Oktober hingga 26 Oktober mendatang, di Bumi Perkemahan Bukit Cogong Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas.

Muat Lebih

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Mura, H Hendra Gunawan tersebut diawali dengan apel bersama, dan dihadiri oleh Kapolres Mura, AKBP Suhendro, Sekjen Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Mura, Edi Siswanto dan jajaran pejabat Pemkab Mura dan juga unsur forkompinda.

Sekjen Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Mura, Edi Siswanto mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan jambore Gerakan Pramuka tahun 2019, untuk membentuk karakter para pramuka pengalang yang cerdas, mandiri, ceria dan bersaudara, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pramuka penggalang dibidang kepramukaan, umum, seni dan sosial kemasyarakatan.

Kemudian dikatakanhmnya, juga meningkatkan kemampuan mental, fisik dan pengetahuannya, serta untuk maju terus pantang mundur, serta memperoleh tambahan pengalaman, keterampilan dan sahabat serta kesan yang baik dan memuaskan.

“Dalam kegiatan jambore cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Mura ini diikuti peserta sebanyak 1.350 pramuka penggalang yang terdiri dari112 gugus depan dan 12 ranting yang ada di Kabupaten Mura,” kata Edi.

Ditambahkannya, Jambore Cabang Kabupaten Mura ini merupakan pertemuan besar pramuka penggalang yang ada di Kabupaten Mura sebagai saran kegiatan kegiatan rekreasi edukatif dialam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang. Serta sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada pengembangan diri peserta dalam bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik secara individu maupun kelompok.

“Kegiatan Jambore Cabang Kabupaten Musi Rawas tahun 2019 ini mengangkat tema, kreatif, aktif, disiplin, amanah dan luar biasa dengan motto ‘Satyaku ku dharmakan, dharma ku bhaktikan’. Dalam kegiatan Jambore ini diisi dengan materi kepramukaan dan materi bahaya narkoba, LTBBB, reboisasi, navigasi, PPGD, dan pergaulan bebas,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan, melalui kegiatan Jambore Gerakan Pramuka ini untuk melatih dan menggodok mental para generasi penerus bangsa, sehingga terbentuklah karakter yang begitu kuat dan menjadi modal serta bekal untuk menghadapi tantangan kedepan yang akan semakin besar.

Bupati juga memberikan apersiasi dengan telaksanakan kegiatan Jambore Gerakan Pramuka cabang Kabupaten Mura, terlebih didalamnya dilaksanakan berbagai kegiatan yang dilakukan, khususnya masalah narkoba dan pergaulan bebas. Sehingga ini bisa menjadi benteng dan bekal untuk kedepannya, agar tidak salah langkah.

“Ini menunjukan anak-anak Musi Rawas bisa menjadi harapan bangsa yang bisa diharapkan kedepannya. Melalu ini, kita ingin bersama-sama menambah pengetahuan dan pengalaman sebagai modal. Saya apresiasi terlaksanakan Jambore ini, kita harap kegiatan terus terlaksanakan disetiap tahunnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, usai apel pembukaan Jambore Gerakan Pramuka cabang Kabupaten Mura, kemudian dilanjutkan dengan penampilan berbagai kegiatan dari para peserta, seperti tari tradisonal dan modern serta aksi pencak silat. Tak hanya itu, Bupati beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk meninjau satu persatu tenda dan menyapa anak-anak pramuka.

Laporan : Agus /Kominfo Mura