Bupati Empat Lawang Keluarkan Surat Edaran

Foto : H Joncik Muhammad

SILAMPARI ONLINE,

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, mengeluarkan surat edaran bernomor 800/88/DISKOMINFO/2020 
tentang pelaksanaan kegiatan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia (RI) dalam situasi pandemi COVID-19 di Kabupaten Empat Lawang.

Bacaan Lainnya

Dalam surat yang ditujukan kepada OPD di lingkungan Pemkab Empat Lawang, Camat dan Lurah/Kepala Desase-Kabupaten Empat Lawang, Direktur/Pimpinan Perkantoran/Badan Usaha di Kabupaten Empat Lawang, Ketua Organisasi Kemasyarakatan se-Kabupaten Empat Lawang dan Warga beserta Masyarakat Kabupaten Empat Lawang tersebut, disampaikan panduan pelaksanaan kegiatan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Empat Lawang.

Hal ini menindaklanjuti surat esaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendgri RI) nomor B-429/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020, 6 Juli 2020 tentang pedoman peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Dalam surat yang ditandatangani langsung oleh Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad tersebut, disampaikan bahwa dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-75 RI di Kabupaten
Empat Lawang agar mengibarkan Bendera Merah Putih dan Umbul-Umbul di halaman tiap-tiap lingkungan perkantoran, badan usaha, organiasi dan masyarakat mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2020.

Selanjutnya juga disampaikan bahwa tema dan logo peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 adalah INDONESIA MAJU, dan panduan penggunaan identitas visual dapat diunduh pada situs web resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (www.setneg.go.id).

Sementara untuk tema peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 Kabupaten Empat Lawang adalah ” Dengan Semangat HUT RI ke-75, Kita Kobarkan Semangat Kebersamaan Menuju Empat Lawang MADANI Untuk Indonesia Maju”. Untuk desain spanduk/banner dapat diunduh di website Pemkab Empat Lawang ( https://empatlawangkab.go.id/v2/spanduk-resmi-hut-ri-4l/ ).

Selain itu, disampaikan juga, pada tanggal 17 Agustus 2020 selama tiga menit mulai pukul 10.17 sampai dengan pukul 10.20 WIB (selama 3 menit), segenap warga Kabupaten Empat Lawang wajib menghentikan aktivitasnya sejenak. Masyarakat diminta berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Empat Lawang, pengecualian penghentian aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan.

Lebih lanjut juga disampaikan kepada jajaran TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Empat Lawang agar membantu keberhasilan pelaksanaan hal tersebut, antara lain dengan memperdengarkan sirine atau suara penanda lainnya sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan COVID-19. Juga para Camat dan Lurah/Kepala Desa agar mendorong seluruh komponen  yang ada di wilayahnya untuk mensukseskan peringatan HUT ke-75 RI di Kabupaten Empat Lawang.

Kemudian juga, pada tanggal 14 Agustus 2020 agar masyarakat diimbau mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden RI melalui berbagai kanal media massa seperti televisi, radio, dan media online. (Rilis/Kominfo Empat Lawang)