Bupati Kepahiang : Data Sensus Penduduk 2020 Penting

Rapat koordinasi daerah (Rakorda) Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Kepahiang di gelar di aula Setda Kepahiang, Jum'at (14/2). Foto : Darul Qutni/Silampari Online.

SILAMPARI ONLINE, KEPAHIANG – Rapat koordinasi daerah (Rakorda) Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Kepahiang di gelar di aula Setda Kepahiang, Jum’at (14/2).

Bupati Kepahing, Hidayatullah Sjahid mengatakan betapa pentingnya sensus ini. Disebutkannya, sejak Indonesia merdeka ada 7 kali sensus penduduk, ada 4 kali sensus ekonomi dan ada 6 kali sensus pertanian.

Bacaan Lainnya

“Betapa pentingnya data, mari sukseskan sensus penduduk, 15 Februari sampai 21 Maret sensus online, SP wawanacara Juli, ada pencacahan sampel Juli 2021, kartaristik, gender, usia, pekerjaan, untuk mengevaluasi pembangunan nasional maupun daerah,” ajaknya.

Sesus urai dia, merupakan dasar kebijakan dibidang komunikasi pendudukan, ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya. Saat ini lanjut dia, dari 296 juta baru yang respon 136 000 pertanggal 3 februari 2020.

“Ada kekhawatiran kita tentang server yang macet ketika pendaftaran serentak tersebut. Seperti halnya Ujian Nasional dan tes CPNS,” ungkap bupati.

BPS kata dia, sebagai pemangku kepentingan harus dapat bekerja dengan baik, karena data hasil sensus ini penting untuk DAU, Bansos Kesehata.

“Yang akan kita data adalah WNA dan WNI di seluruh Indonesia yang telah tinggal selama 1 tahun. Akan ada 22 pertanyaan meliputi Variabel, pekerjaan, perumahan, pendidikan dan lain-lain,” tandasnya. (KHS-07)