Bupati Minta Kades Berperan Jaga Keamanan

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah meminta kepada semua Kepala Desa (Kades), untuk berperan mentertibkan masyarakat. Tujuanya agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bisa berjalan dengan lancar. “Kalau di desa itu sudah aman, jelas kecamatan juga aman dan apabila kecamatan aman tentu saja kabupaten ini juga ikut aman,” kata Syahril saat memberikan sambutannya saat pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan di aula kantor Kecamatan Pendopo, Selasa (20/2).

Muat Lebih

Sebab dia menilai, kuncinya itu ada di Kades, apabila Pemerintahan di desa berperan menjaga keamanan lingkungan desa secara otomatis keributan tidak ada terjadi. Selain itu, selama pelaksanaan Pilkada masyarakat jangan mudah terbawa emosi ataupun terpancing sampai menyurut kemarahan. “Sekali lagi saya tekankan Kades harus berperan menjaga keamanan di desa sebab kita semua berharap Pilkada yang aman dan tentram,” tegasnya.

Tidak hanya itu saja Bupati juga mengimbau kepada Kades untuk memanfaatkan semaksimal mungkin dana desa. Pemerintah telah menganggarkan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat di desa, bahkan apabila memang ada usulan yang penting dan mendesak, dia mempersilakan masyarakat mengusulkan kepada Pemkab Empat Lawang. “Gunakan sebaik mungkin dana desa, namun apabila ada usulan yang sangat mendesak Pemkab Empat Lawang siap membantu,” tambahnya.

Senada dengan itu, Danramil Pendopo, Kapten (Inf) Mulyadi, peran Kades memang sangat besar dalam menjaga ketertiban dan keamanan di desa. Pihaknya juga siap membantu menjaga keamanan di desa melalui Babinsa. “Jelas kita siap membantu Kades dalam mengamankan ketertiban di Desa agar pelaksanaan pilkada bisa berjalan aman,” katanya. (HS-04)