Bupati Minta Penyaluran Rastra Harus Tepat Sasaran

POTONG : Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah saat memotong pita balon udara saat lounching bantuan sosial beras sejahtera (rastra) di halaman kantor Pemkab Empat Lawang, Senin (5/3). Foto : Oci/HS.

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah berharap penyaluran beras sejahtera (rastra) kepada rumah tangga penerima, benar-benar tepat sasaran, atau benar-benar sampai ke pihak yang membutuhkan, tanpa dikurangi dan sesuai dengan aturan yang ada.

“Kita tidak usah mengambil keuntungan, karena keuntungan sudah ada, di Bulog mereka sudah ada, di panitia kecamatan ataupun desa itu sudah ada. Paling tidak ada gaji kades,” ujar Syahril saat menyampaikan sambutannya di acara lounching bantuan sosial beras rastra di halaman kantor Pemkab Empat Lawang, Senin (5/3).

Dijelaskannya, dalam penyaluran rastra, tidak ada lagi pemotongan menjadi 9 kilogram (kg) dari 10 kg misalnya. Apabila ada kata Syahril, maka yang memotong jatah rastra itu sudah mengambil hak orang yang miskin, yang sangat mengharapkan. “Kepada kades dan camat, tepat sasaran. Artinya benar-benar orang yang membutuhkan, andai kata ada kesalahan pada awalnya, ini terus dievaluasi tidak tepat sasaran, orang yang kaya dapat yang miskin dak dapat, itu secepatnya (harus) dievaluasi,” katanya.

Syahril juga mengatakan, petugas penyalur rastra di Kabupaten Empat Lawang, harus ikhlas dan jangan pernah merekayasa data, apalagi dicampuraduk dengan politik. “Saya mengharapkan, betul-betul disampaikan kepada masyarakat atau rakyat yang mengharapkan dan yang memang wajar menerima. Saya tidak ingin pembagian rastra ini dicampuradukan dengan politik, betul-betul dibagikan kepada yang berhak,” tegasnya.

Lanjut dia, Forum Bulog bisa saja salah, jika data yang disampaikan ke mereka adalah data yang salah. Makanya, kalau data itu salah, menurut dia yang paling bertanggungjawab dan paling berdosa adalah yang membuat data, bukan yang membagikan.

“Makanya berkali-kali saya katakan, tolong yang menyampaikan data harus akurat, dalam menyampaikan data kita lepaskan semua unsur, karena ini menyangkut perut menyangkut kehidupan. Ada hal-hal yang harus kita tempatkan dengan sebenar-benarnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang, Hasbullah saat dibincangi usai louching mengatakan kepada wartawan, jika jumlah rastra sebanyak 121.410 kg beras rastra digelontorkan kepada 12.141 keluarga di Empat Lawang, untuk bulan Januari dan Februari 2018. Penyaluran beras rastra ini langsung ke titik bagi desa dan kelurahan. Satu keluarga penerima bantuan rastra sebanyak 10 kg per penerima. 

“Bantuan rastra ini diberikan langsung ke titik bagi. Per keluarga penerima dapat 10 kg tanpa ada biaya tebusan. Penyalurannya akan kawal, sehingga sampai penerima yang tepat,” tandasnya. (HS-04)