Bupati Mura Buka MTQ Tingkat Kabupaten 

Silampari Online,

BUPATI Musi Rawas (Mura), H.Hendra Gunawan membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 di Kecamatan Megang Sakti. Bupati berharap  MTQ selain mencari Qori-Qori’a yang akan diikut sertakan tingkat Provinsi sekaligus meningkatkan pemahaman dan pengamalan Qur’an dikehidupan sehari-hari bagi masyarakat.
Selain Bupati, pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Mura juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Hj.Suwarti, Asisten I Setda Mura, EC.Priskodesi, Kepala Disdukcapil Mura, Kepala Disperindagsar Mura, Nito Maphilindo, Plt Kepala Disdik Mura, Irwansyah,  Ketua TP.PKK Mura, Hj.Noviar Gunawan,  para Camat serta ratusan kafilah 14 Kecamatan.
Bupati Mura, H.Hendra Gunawan mengatakan sangat bangga karena MTQ terus bergulir dan mengalami peningkatan serta inovasi termasuk antusias masyarakat yang cukup besar. Sebab, walaupun dengan keterbatasan pelaksanaan dapat meriah dan mengalami peningkatan luar biasa.

Muat Lebih

“Untuk kafilah dapat menjaga kesehatannya dan selama menginap dirumah masyarakat dapat terjalin silaturahmi dan kekeluargaan satu sama lain,”jelas Hendra Gunawan dalam sambutannya pada pembukaan MTQ Ke-46 tingkat Kabupaten di Megang Sakti, Selasa (20/2).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kitab suci Al Qur’an adalah kalam Allah atau kalamullah yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagian baik didunia maupun akhirat.
“Selain berisi nilai-nilai keimanan, Al-Qur’an juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi umat manusia serta berisi kisah-kisah falsafah hidup, kemuliaan, keteladanan, serta pesan-pesan moral yang luhur dan agung,”terangnya.
Menurutnya, pemahaman yang utuh bagi siapapun terhadap nilai-nilai universal dari Al Qur’an dapat memberikan kontribusi dalam membangun tatanan dunia yang aman, adil dan bermartabat.  Sehingga, tatanan dunia yang dibangun atas nilai-nilai ke-Tuhanan yang luhur dan agung serta kemanusian universal. “Islam selalu menganjurkan persatuan, kebersamaan dan ukhuwah dengan mengedepankan nilai itu maka kita dapat membangun kokohnya toleransi, solidaritas dan kebersamaan umat manusia,”tuturnya.
Dirinya mengajak masyarakat muslim khususnya di Mura untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an menuju Mura Sempurna. Sehingga, dengan begitu maka jadikan Al-Qur’an sebagai rujukan dalam pembinaan karakter yang tangguh dalam menghadapi berbagai masalah, cobaan dan ujian dalam hidup.
“Semoga keikutsertaan para kafilah di 14 Kecamatan Mura dapat membawa manfaat dan maslahat dalam upaya mengaktualisasikan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari disamping persiapan MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Ogan Ilir,”ungkapnya.
Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Kabag Kesra Setda Mura, Muhammad Yusran Amri menjelaskan, MTQ tingkat Kabupaten Mura Ke-46 diikuti 483 kafilah dari 14 Kecamatan Mura. Dimana, untuk pelaksanaan MTQ berlangsung selama empat hari kedepan untuk menjaring Qori-Qori’a terbaik untuk diikutsertakan MTQ tingkat Provinsi Sumsel. “Untuk cabang-cabang yang akan diperlombakan diantaranya, Cabang Tilawah Qur’an, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khotil Qur’an, Tafsir Al-Qur’an dan cabang MMKQ,” ucapnya. (HS-02)