Bupati Mura Serahkan BLT-DD di Desa Manahresmi

SILAMPARI ONLINE,

Musi Rawas– Bupati Hendra Gunawan, Turun langsung Ke Desa Manahresmi Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas untuk menyerahkan secara langsung bantuan langsung tunai Dari dana desa atau (BLT-DD) kepada Masyarakat desa setempat, Kamis 22/05/2020.

Bacaan Lainnya

Dalam agenda kunjunganya Bupati Musi Rawas menyerahkan Bantuan BLT secara Door to dor ke Setiap rumah masyarakat penerima bantuan BLT di Desa Manahresmi, Kegiatan tersebut pun di hadiri langsung oleh Kepala dinas Dpmd Mura, Camat Muara Beliti, kepala Desa dan Perangkat Desa Manahresmi serta anggota Babinkatibmas.

Bupati Mura, Hendra Gunawan menyampaikan, dirinya sengaja turun untuk memberikan BLT-DD ke penerimanya, dengan tujuan untuk memastikan bahwa bantuan tersebut diterima oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.

“Alhamdulillah beberapa desa yang dikunjungi, semuanya tepat dan tidak ada potongan sama sekali, termasuk di Desa Manah Resmi Kecamatan Muara Beliti ini,” kata Bupati.

Salah satu masyarakat desa Manahresmi, penerima bantuan BLT-DD, Warga dusun empat bernama Nani (54), Mengucapkan terimakasih atas bantuan yang di berikan kepada keluarganya.

“Trimakasih kepala pemerintahan desa terkhusus kepala Desa Manahresmi dan juga bupati Musi Rawas Hendra Gunawan atas bantuan yang di berikan, bantuanya sangat bermanfaat untuk kami”ujar Nani.

Sementara itu kepala Desa Manahresmi Rudi Hartono mengatakan Sedikitnya ada 40 Kepala keluarga di Desanya mendapatkan bantuan BLT-DD, Dalam penyaluran tersebut masyarakat penerima BLT, menerima bantuan Dua bulan sekaligus.

“Penerima bantuan BLT-DD di Desa Manahresmi sebanyak 40 KK, Per kepala keluarga mendapatkan Rp. 1,2 Juta rupiah untuk pencairan bantuan tahap satu dan dua yaitu, Bulan April dan Mei 2020 dan pencairan bantuan BLT-DD Berarti tinggal bulan Juni mendatang”kata Rudi Hartono.

Sementara itu Rudi Hartono menambahkan dari 352 Kepala keluarga di Desa Manahresmi, 328 KK Sudah menerima bantuan dari seluruh program bantuan dari pemerintah, baik itu PKH, KPM dan BLT-DD dan juga bantuan lain sebagainya.

“Alhamdulillah dari 352 KK, hanya 24 kepala keluarga di Desa Manahresmi yang tidak menerima bantuan, karena sejumlah KK Tersebut Tercatat sebagai masyarakat mampu, seperti PNS dan Pejabat pemerintah Desa”tambah Kades.

Lebih lanjut Kepala Desa menjelaskan, Untuk melakukan transaksi para penerima bantuan di Desanya, Pemdes Manah Resmi juga mencetak sepanduk nama penerima bantuan dan menempelkanya di depan kantor Desa sehingga masyarakat bisa mengetahui secara detail siapa dan di program mana setiap masyarakat desa setempat menerima bantuan.

“Kita pasang spanduk seluruh nama nama kepala keluarga penerima di Desa Manahresmi, supaya jelas dan Transparan sehingga tidak ada kecemburuan sosial di masyarakat” lanjut Rudi.

Sebelum mendatanggi rumah warga penerima BLT, Bupati Musi Rawas terlebih dahulu mengunjunggi rumah isolasi yang di sediakan oleh pemerintah Desa Manahresmi, guna antisipasi penyebaran Covid-19 di desanya, Rumah isolasi tersebut berisikan 5 kamar dan di lengkapi dengan tempat tidur serta kamar mandi.

“Selain sosialisasi dan Penyemprotan desinfektan kita juga menyediakan satu tempat yang di gunakan nantinya untuk isolasi masyarakat Manahresmi, apabila ada yang warga kita yang terpapar Covid-19, tetapi semoga saja tidak ada”Tutup Rudi Hartono.

Terkait pencairan BLT- APBN atau BLT Pusat, pemerintah Desa Manahresmi meminta kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut untuk bersabar karena sampai saat ini pihak Pemdes belum mengetahui jadwal pasti pencairan BLT-APNB pusat Tersebut.

Penulis : Nofi Ardiyanto
Edito : Agus H.