Bupati Mura Terima Penghargaan “SWASTI SABA PADAPA”

Mendagri RI, Tito Karnavian menyerahkan piala penghargaan kepada Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan Swasti Saba Padapa

#Dari Kemendagri dan Kemenkes RI

SILAMPARI ONLINE,

Muat Lebih

Mendagri RI, Tito Karnavian memberikan ucapan selamat kepada Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan

Prestasi kembali ditorehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) melalui Bupati Mura, H Hendra Gunawan yang menerima penghargaan SWASTI SABA PADAPA dari Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan RI. Dimana, kepedulian tersebut diberikan atas kepedulian Pemkab Mura terhadap kesehatan di wilayah itu sehingga dari penilaian itu, Kabupaten Musi Rawas menjadi salah satu daerah dari 177 Kabupaten/Kota sehat di Indonesia.  Penghargaan tersebut langsung diberikan Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian di dampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Selasa (19/11) di Ruang Sasana Bhakti Kantor Kemendagri, Jakarta.

Selain 177 Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan tersebut juga ada enam Gubernur serta tiga motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasi dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah Provinsinya untuk mewujudkan kawasan sehat.
“Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) merupakan kerja bersama antara Pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antarsektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif,”kata Terawan dikutif dari line today, Selasa (19/11).

Foto bersama Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan (tengah) didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan dan Kepala OPD Pemkab Mura serta para Camat

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, penghargaan Swasti Saba merupakan wujud apresiasi Pemerintah pusat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang sudah berdedikasi dalam menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor /Menkes/PB/VIII/­2005.

“Penyelenggaraan KKS merupakan salah satu wujud nyata upaya konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitif untuk percepatan penurunan angka stunting. Karena, di dalamnya terdapat indikator ketahanan pangan dan gizi serta penyediaan layanan dasar dan sanitasi serta pemenuhan pelayanan kesehatan yang merata di masyarakat. Sehingga, semoga momentum penghargaan Swasti Saba ini akan memberikan manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia,” terangnya.

 

Foto bersama Kemendagri RI, Tito Karnavian (tengah) dan Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan (dua dari kanan) serta sejumlah Kepala daerah lainnya yang menerima penghargaan

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjelaskan bahwa, penyelenggaraan KKS dinilai memiliki peran penting dalam membangun SDM unggul sesuai dengan visi pemerintahan Presiden Joko Widodo lima tahun ke depan. Dimana, program KKS bertujuan untuk mendorong terwujudnya Kabupaten/Kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni serta sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan melaksanakan berbagai program kesehatan dan sektor lain. Sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya. “Untuk membangun SDM unggul, yang disebut tenaga kerja, angkatan kerja yang produktif, terampil, profesional maka kita membutuhkan dua, masalah kesehatan dan pendidikan,”tutur Tito.

 

 

Foto bersama Sekretaris Dinkes Kabupaten Mura, M Nizar (tengah) dan KUPT Puskesmas Selangit yang menerima piala penghargaan pejuang kesehatan oleh Gubernur Provinsi Sumsel, H Herman Deru

Sedangkan, Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan menyampaikan apresiasinya serta ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran di Pemkab Mura. Sehingga penghargaan ini diterima dan ini sebuah hasil dari kerja keras bersama dalam menciptakan kawasan yang sehat di Mura melalui berbagai program kerja yang telah dilaksanakan sehingga yang menjadi visi Musi Rawas dimana didalamnya terurai Mewujudkan Musi Rawas SEMPURNA Sehat dapat tercapai.

“Alhamdulilah baru kemarin (18/11) Mura menorehkan prestasi penghargaan Apresiasi Bunda Paud Tingkat Nasional dan hari ini (kemain) kita menorehkan prestasi kembali (menerima) Penghargaan Swasti Saba Padapa atas keberhasilan dalam menyelenggarakan Kabupaten Sehat Tahun 2019. Tentunya, penghargaan ini berkat kita yang saling Gotong Royong dalam membangun Mura,”ungkapnya.

 

Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan (kiri) didampingi Ketua TP PKK Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan (kanan) menunjukkan piala penghargaan

Terpisah, Kepala DinAs Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mura, Hj Milpta Hulummi melalui Sekretaris, M Nizar mengakui dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 55 Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), memberikan penghargaan para pejuang kesehatan seperti Kabupaten terinovasi yang dianugerahi Inovasi Gerpu Genting dari Puskesmas Pian Raya serta pelayanan PSR 199 yang disematkan ke Wakil Bupati (Wabup) Hj Suwarti.

“Disamping itu Desa Y Ngadirejo juara 2 PHBS dan posyandu terintegrasi Desa Muara Nilau Kecamatan Selangit. Kemudian, Mura juga meneima motor PSR 119 yang berguna untuk mengunjungi masyarakat dari rumah kerumah,”pungkasnya.

*Sumber : Kominfo Mura