Bupati – Pimpinan Komisi VII DPR RI Bahas Migas Mura

  • Whatsapp

SILAMPARI ONLINE,

MUSI RAWAS-Usai melakukan pertemuan dengan Menkes RI, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) dan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Prof. Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan, Bupati Mura H Hendra Gunawan juga diterima Pimpinan Komisi VII DPR RI. Tepatnya Selasa (15/1) Bupati H Hendra Gunawan menggelar pertemuan santai dengan Wakil Ketua Komisi VII DP RI, H Alex Noerdin di Hotel Fairmount Jakarta .
Mantan Gubernur Sumsel itu menegaskan bahwasanya Kabupaten Mura menjadi salah satu daerah di Sumsel yang mendapatkan perhatian Komisi VII DPR RI yang membidangi Energi, Riset dan Teknologi, dan Lingkungan Hidup. Bahkan dirinya berjanji bulan depan (Februari 2020) akan melakukan kunjungan ke Mura untuk melihat langsung kondisi Mura guna merumuskan apa saja bantuan yang perlu diberikan.
“Alhamdulillah, Komisi VII DPR RI komitmen untuk memperjuangkan agar pemerintah pusat membantu pembangunan Mura ke depan. Dan bulan depan diagendakan beliau (H Alex Noerdin) dan rombongan akan mengunjungi Mura,” kata Bupati Mura H Hendra Gunawan.
Kepala Bagian Ekonomi Setda Mura, DR H Hendri menambahkan, kepada Pimpinan Komisi VII DPR RI tersebut Bupati H Hendra Gunawan melaporkan progress pembangunan Mura dan menggambarkan kondisi Mura yang telah lepas dari status daerah tertinggal.
“Pak Bupati juga mohon bantuan pusat untuk pembangunan Mura ke depan. Selain itu juga secara khusus dilaporkan kekayaan sumber daya alam, mineral, energi dan Migas di Mura yang menjadi penyumbang besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” papar Kabag Ekonomi H Hendri didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dicky Zulkarnain.
Terlebih dilaporkan juga mengenai keberadaan perusahaan Migas yang ada di Mura serta sumur-sumur tua yang juga ada di beberapa wilayah dan potensi untuk dimanfaatkan.
“Komisi VII yang memang membidangi masalah energy sangat tertarik membahas mengenai Migas di Mura. Dan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI minta perusahaan dan SKK Migas membantu untuk bersama-sama membangun daerah yang memberikan kontribusi sebagai penghasil Migas. Apalagi Mura baru lepas dari Kabupaten Tertinggal, sehingga dapat sejajar dengan daerah-daerah maju lainnya,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu H Alex Noerdin juga mengingatkan agar kepala daerah (Bupati) harus tegas kepada perusahaan-perusahaan Migas demi kebaikan bersama. Setiap permasalahan menurutnya harus sesegera mungkin diselesaikan oleh pemerintah setempat dan jangan dibiarkan berlarut-larut.
“Bangun komunikasi yang baik, ingatkan perusahaan akan berkontribusi nyata bagi pemerintah dan rakyat. Beri bantuan yang lebih lagi demi kemajuan daerah, prinsipnya komisi VII DPR RI siap akan memback up pemerintah Mura,” kata H Hendri mengutip apa yang disampaikan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI H Alex Noerdin.
Selain itu Bupati dan Pimpinan Komisi VII DPR RI juga fokus membahas berbagai hal dalam upaya mengurus rakyat dan program pembangunan demi kemajuan daerah.
“Insha Allah, dari hasil pertemuan ini nantinya akan ada formula lanjutan khususnya program dan bantuan pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan di Mura. Intinya kita akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi ke pihak terkait lainnya khususnya di pemerintahan pusat. Termasuk pengolahan sumber daya alam di Mura yang tentunya akan berpengaruh pada tingkat perekonomian,” pungkas H Hendri. (pnc)