Bupati Resmikan Bendung Sukaraya, Impian Petani Sawah Terwujud

SILAMPARI ONLINE,

TERAWAS– Bupati Musi Rawas meresmikan Bendung dan Jaringan Irigasi D.1 Suka Raya, Jumat (31/1/2020) pagi. Prosesi peresmian disimbolkan dengan penekanan tombol sirine dilanjutkan penandatanganan prasasti di lokasi Bendung yang berlokasi di D1 Suka Raya Baru, Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas (Sumsel).

Bacaan Lainnya

Bupati Hendra Gunawan didampingi sejumlah Forkominda dan organisasi perangkat daerah (OPD). Turut hadir pada saat peresmian, Wakil Ketua II DPRD Mura Hendra, Asisten II Aidil Rusman, Kepala Dinas PUCKTR Ristanto, Kepala Dinas Kominfo M.Rozak, jajaran Kepala Dinas, Camat, Kepala Desa dan unsur Forkopimda Kabupaten Musi Rawas.

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan mengatakan, diresmikannya bendungan ini dengan harapan dapat mendukung ketahanan pangan, memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung
dan memberi manfaat bagi lahan pertanian masyarakat, dan meningkatkan intensitas tanam di Desa Sukaraya Baru.

“Bendungan Sukaraya adalah bentuk dari komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Dinas PU Cipta Karya, Tata Ruang dan Pengairan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019. Semoga bendungan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” harap Bupati.

Dilanjutkan Kadis PUCKTRP Mura, Ristanto Wahyudi menjelaskan pembangunan Bendung Sukaraya menggunakan anggaran APBD senilai lebih dari 4 Milyar. Bendung yang dibangun sejak tahun 1995 sudah beberapa kali mengalami perehapan namun tidak bertahan lama dan sering jebol.

“Bendung yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini, semenjak kepemimpinan Bupati Hendra Gunawan, di tahun 2019 pembangunannya baru terealisasi,” kata Ristanto.

Bendung Suka Raya dapat mengairi 246 hektar sawah yang ada di Desa 1 Suka Raya Baru dan desa lain di sekitarnya. (*)