Bupati : Sejak Analis Lab Dipindah, Lab Terbengkalai

Ilustrasi (Net).

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengaku sudah memerintahkan jajaran dibawahnya untuk segera memfungsikan kembali Laboratoroum Lingkungan Hidup milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang.

“Salah seorang analis lab kita, dia yang ngurus lab dan dia sudah memilki sertifikasi Amdal B itu dipindah (pindah tugaskan, red). Sejak saat itu lab kita itu terbengkalai,” ungkap Joncik kepada wartawan usai mengikuti sidang paripurna DPRD Empat Lawang, Jum’at (23/8/2019).

Bahkan lanjut dia, bangunan kantor Laboratorium Lingkungan Hidup, kini dijadikan kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Empat Lawang. “Sekarang sudah saya perintahkan untuk dikembalikan ke DLH dan kita sudah datangkan kembali analis lab bersertifikat Amdal B (untuk mengelolah lab),” terangnya.

Kedepan, lanjut Joncik, karena Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) sudah dihapuskan, pengelolaan Laboratorium Lingkungan Hidup, akan ditugaskan orang yang akan bertanggungjawab terhadap Laboratorum tersebut.

“Kalau memang regulasinya memungkinkan, mungkin kita akan bentuk seksi laboratorium, untuk mengelolah laboratorium lingkungan hidup,” urainya.

Lebih lanjut diungkapkannya, salah satu kelemahan Kabupaten Empat Lawang, dalam melakukan penilaian UKL/UPL adalah keeradaan Laboratorium. Dengan nanti difungsikannya Laboratorium ini, kekurangan itu dapat teratasi.

“Untuk kantor Diskominfo, nantinya akan kita pindah ke gedung lain,” tukasnya. (HS-05)