Butuh PPK Cerdas, Ujang : Potensi Konflik di Kecamatan Tinggi

SILAMPARI ONLINE,

REJANG LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong menyatakan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pilkada serentak di daerah itu harus memiliki kemampuan lebih dari yang lainnya.
“ Kita membutuhkan anggota PPK yang memiliki kecerdasan dan kemampuan lebih sehingga bisa menjadi leader di tengah masyarakat, apalagi di kecamatan itu berpotensi konfliknya tinggi,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi, SDM, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Rejang Lebong Ujang Maman di Sabtu (8/2/2020).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Ujang Maman, tes wawancara calon anggota PPK di KPU bahwa mereka memperebutkan 75 anggota PPK yang akan bertugas di 15 kecamatan. Selain memiliki kecakapan dalam masyarakat, kata Ujang Maman, mereka juga harus bisa menyelesaikan konflik dalam masyarakat yang berpotensi terjadi di tengah masyarakat dalam wilayah kerjanya masing-masing.

Selanjutnya, calon anggota PPK juga harus memiliki integritas, memiliki rekam jejak yang baik, serta memiliki pengetahuan bidang kepemiluan dan penguasaan kewilayahan.

“Mereka yang mengikuti tes wawancara tersebut memiliki kesempatan yang sama dan tidak ada perlakuan khusus, baik yang sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan pemilu maupun peserta yang baru pertama mengikuti seleksi calon anggota PPK,” terang Ujang Maman.

Sementara itu dari 150 calon anggota PPK yang dinyatakan lulus tes tertulis, akan dipilih 75 orang atau lima orang per kecamatan. Mereka menjalani tes wawancara di KPU setempat, mulai 8 hingga 10 Februari (hari ini red)

“ Tes wawancara terbagi menjadi tiga kelompok dengan waktu pelaksanaan tes wawancara, yakni sesi pertama mulai pukul 08.30 dan sesi terakhir pada pukul 20.30 WIB untuk hari sabtu Sebanyak 51 calon anggota PPK dari 5 kecamatan yang mengikuti tes wawancara.Calon PKK yang ikut tes wawancara terdiri dari 11 orang dari Kecamatan Binduriang, 10 orang Kecamatan Kota Padang dan 10 orang Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI), 10 orang Kecamatan Bermani Ulu (BU) dan 10 orang Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR). “Saat ini (kemarin, red) masih berlangsung dan kemungkinan sampai pukul 21.00 WIB. Kita tuntaskan hari pertama untuk lima kecamatan,” kata Ujang Maman

Untuk hari kedua,(kemarin red minggu) sambung Ujang Mamang, ada lima kecamatan lagi dengan jumlah peserta sebanyak 52 orang. Yaitu Kecamatan Sindang Kelingi, Sindang Dataran, Curup Utara dan Kecamatan Curup dengan masing-masing 10 peserta. Sedangkan Kecamatan Curup Timur dengan 12 orang calon PPK.

Ditambahkan Ujang Maman, untuk hari terakhir (hari ini red) yaitu wilayah Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Belitu Ulu (SBU) dan Padang Ulak Tanding (PUT) masing-masing 10 orang peserta. Sedangkan dua wilayah lagi yaitu Kecamatan Curup Selatan 12 orang dan Kecamatan Curup Tengah 11 orang.

“ Kita laksanakan tes wawancara selama tiga hari dan dibagi satu hari lima kecamatan. Hingga sore ini (kemarin, red) peserta empat kecamatan seluruhnya hadir dan mengikuti seleksi wawancara,” tukas Ujang Maman.

Penulis : Badri
Editor : Agus Hubya H