Camat Bayung Lencir Instruksikan Jajaran Dukung dan Sukseskan SP 2020

Untuk mensukseskan program tersebut hari ini Jum'at (21/02/2020) BPS Kabupaten Musi Banyuasin menggelar rapat koordinasi (rakor) tingkat kecamatan tentang program nasional sensus penduduk tahun 2020.


SILAMPARI ONLINE,

Musi Banyuasin – Sensus Penduduk Indonesia 2020 atau disingkat SP2020 adalah pendataan penduduk Indonesia yang mencakup Jumlah penduduk, etnis, agama, pekerjaan, perekonomian, dan lain-lain. Sensus 2020 adalah sensus yang ke-7 sejak tahun 1961.
Badan Pusat Statistik (BPS) akan memberikan kesempatan kepada penduduk Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan SP2020 dengan melakukan pendataan mandiri, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas, melalui moda Computer Aided Web Interviewing (CAWI) yang akan dilaksanakan pada 15 Februari 2020 Sampai Dengan 31 Maret 2020. Dan dengan metode wawancara pada 1 Juli 2020 sampai dengan 31 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

Untuk mensukseskan program tersebut, Jum’at (21/02/2020) BPS Kabupaten Musi Banyuasin menggelar rapat koordinasi (rakor) tingkat kecamatan tentang program nasional sensus penduduk tahun 2020. Kegiatan yang dilangsungkan di ruang pertemuan Kantor Camat Bayung Lencir ini dihadiri oleh seluruh kepala desa/lurah serta kepala UPT Dinas/Badan dalam Kecamatan Bayung Lencir.

Rakor sendiri dibuka langsung oleh Camat Bayung Lencir Akhmad ToyIbir S.STP.MM, dalam sambutanya beliau mengharapkan agar sensus penduduk secara online yang sudah dimulai ini dimanfaatkan secara maksimal ” Kalau dengan metode wawancara dengan waktu yang hanya satu bulan serta mengingat luas wilayah kecamatan Bayung Lencir yang mencapai sepertiga Kabupaten Musi Banyuasin ini saya khawatir tidak bisa maksimal, maka dari itu peran serta kita semua sangat penting untuk mensukseskan program ini,” harapnya.
Lebih jauh dia menambahkan, mengingat hasil sensus penduduk ini menjadi dasar kebijakan pemerintah untuk merumuskan pembangunan oleh karena itu saya menginstriksikan kepada Lurah/Kades beserta jajaran untuk memberi dukungan dalam mensukseskan SP2020 ini.

“Tolong pastikan setiap unsur pemerintahan sampai ke tingkat RT untuk mensosialisasikan program ini dan mengajak masyarakat untuk melaksanakannya. Silakan sampaikan materi ini disampaikan ke masyarakat dalam berbagai kesempatan kshususnya saat memberikan sambutan dalam berbagai acara di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Melalui metode SP 2020 secara on-line ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menargetkan 43 persen dari jumlah KK yang ada di SumSel ini. Namun di Kecamatan Bayung Lencir ini, dia menargetkan untuk mencapai 50 persen. “Insya Allah, saya kasih reward bagi desa yang mencapai target,” ujar yang langsung disambut riuh tepuk tangan oleh peserta rakor.
Sementara itu Kepala BPS Kabupaten Musi Banyuasin Sunita S.E.,M.Si menyampaikan, pihaknya apresiasi atas target yang direalsisasikan Camat Bayung Lencir. “Berbeda dari kecamatan lain yang saya temui sebelumnya bahwa para kadesnya pesimis untuk mencapai target ini, tapi Bayung Lencir sangat optimis untuk mencapai target ini untuk itu saya bangga dengan hal ini,” imbuhnya.

Selanjutnya dia berharap Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alek, bahwa responden dari masyarakat Muba ini ditargetkan untuk tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan dan bahkan se Indonesia. “Saya optimis kalau seluruh kecamatan d Musi Banyuasin targetnya sama seperti kecamatan Bayung Lencir ini, untuk itu mari sama-sama kita dukung dan kawal program ini”, harapnya. (heri)