Camat Perketat Realisasi Dana Desa

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG– Sejumlah pemerintah kecamatan di Kabupaten Empat Lawang, bakal memperketat pengawasan realisasi penggunaan Dana Desa (DD) di kecamatannya.

Seperti yang bakal dilakukan Camat Talang Padang, Sopian. Dia mengaku akan memperketat laporan realisasi DD kedepan, untuk memastikan penggunaan DD benar-benar diterapkan untuk kepentingan masyarakat pada umumnya dimasing-desa dalam wilayah kecamatan yang dipimpinnya.

Muat Lebih

“Ada regulasi yang harus dijalani para kades. Salah satunya melaporkan progres penerapan dana desa pada tahun anggaran berjalan,” ungkap Sopian saat dibincangi Harian Silampari, di Tebing Tinggi, Rabu (14/8/2019).

Dari laporan itu kata dia, pemerintah kecamatan dapat mengetahui sejauh mana penerapan DD tahun anggaran berjalan di desa-desa dalam wilayah kecamatannya. “Kita juga akan pantau, sejauh mana azaz manfaat dari pelaksanaan proyek yang dijalankan desa melalui realisasi dana desa,” jelasnya.

Sementara di Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang, camat setempat, Muhimuddin mengaku tidak segan-segan membuat Shock Therapy bagi kades di wilayah kecamatannya yang coba-coba bermain dengan Dana Desa.

“Dana desa sudah jelas pemanfaatnya yang sudah tercantum dalam APBDes. Jika diperlukan, saya akan buat Shock Therapy bagi kades yang menyelewengkan dana desa,” tegasnya.

Hal ini sebut Muhimuddin mesti dipertegas, karena kucuran Dana Desa dari pemerintah pusat, bukan untuk kepentingan pribadi kades dan kroni-kroninya. Namun untuk kepentingan seluruh masyarakat di desa.

“Karena itu saya ingatkan para kades di Kecamatan Pendopo, agar hati-hati dalam menggunakan dana desa. Saya tidak akan pernah main-main dengan kades yang coba-coba menyalahgunakan dana desa,” tandasnya. (05)