Cari dan Tetapkan Sekolah Sadar Hukum

SOSIALISASI : Kegiatan sosialisasi hukum di lingkungan SMP Negeri 1 Tebing Tinggi, Jumat (11/10/2019). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Tim penyuluhan Hukum Kantor wilayah (Kanwil) Kemenkumham Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menyambangi beberapa sekolah di Kabupaten Empat Lawang. Kedatangan tim dari Kanwil Kemenkumham tersebut memberikan penyuluhan hukum terhadap siswa bahkan mencari dan menetapkan sekolah sadar hukum.

Salah seorang tim Penyuluhan Hukum Kemenkumham Provinsi Sumsel, Neliwati SH MH kepada wartawan mengatakan, kedatangannya pihaknya kesekolah ini dalam rangka Hari Dharma Karyadhika ke-74 tahun 2019 dengan mencari dan menetapkan sekolah sadar hukum.

Muat Lebih

“Ada beberapa kreteria sekolah sadar hukum, dari hasil kreteria itulah kita nilai mana sekolah yang layak ditetapkan sebagai sekolah sadar hukum,” ujarnya didampingi tim penyuluhan Hukum Zulkifni J Patra SIP MH dan Kepala SMPN Negeri 1 Tebing Tinggi Setyo Haryono, Jumat (11/10/2019).

Kreteria tersebut lanjutnya, mulai dari bebas narkotika, tidak merokok, tidak tawuran ke sekolah maupun di sekolah, tidak membully, lingkungan sekolah bersih, tidak Pungli, tidak mencontek dan tidak melanggar aturan berlalu lintas atau tidak membawa kendaraan bermotor.

“Dari hasil penyuluhan ke sekolah tadi, siswa SMP maupun SMA sudah mulai sadar dengan hukum,” katanya.

Ditambahkan Zulkifni J Patra SIP MH, kedatangan tim kesekolah tersebut berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Empat Lawang. Ada dua sekolah yakni SMP Negeri 1 Tebing Tinggi dan SMA Negeri 1 Empat Lawang yang dikunjungi dan didata.

“Sebelum kita kesekolah terlebih dahulu mendatangi Disdikbud untuk meminta sekolah mana yang dirujuk,” ungkapnya.

Ditempat sama, Sofyan SH M Si tim Penyuluhan Hukum juga menuturkan, sebelum ke Empat Lawang, pihaknya telah mengunjungi Kabupaten Musi Banyuasin, Lubuklinggau dan Musi Rawas.

“Beberapa kota dan Kabupaten sudah kita kunjungi, sebelum ke Empat Lawang dua hari kita di Lubuklinggau dan Musi Rawas,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Tebing Tinggi, Setyo Haryono menyambut baik adanya sosialisasi sekolah sadar hukum dari Kantor Kemenkumham Provinsi Sumsel disekolahnya terhadap siswa.

“Dengarkan baik-baik penyampaian dari Kemenkumham karena kedatangan ibu dan bapak ini sangat jarang kesekolah,” katanya. (HS/rilis)