Cegah Stunting 1000 Hari Pertama Kehidupan

Silampari Online

LUBUKLINGGAU – Kepala Puskesmas Citra Medika, dr Dwiyana memberikan sosialisasi 1000 hari Pertama Kehidupan di PAUD Al Hidayah, Jumat (25/10). Ini dalam rangka penguatan peran serta orang tua terhadap keluarga.

Muat Lebih

Dwiyana juga selaku Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Lubuklinggau menjelaskan bahwa peran orang tua kepada anak sangatlah penting, khusus para ibu yang harus selalu memperhatikan dan memberikan kesehatan kepada anak-anaknya.

“Makanya, sejak ibu hamil itu sudah harua memperhatikan kesehatan buah hatinya agar tidak terjadi Stunting,”ungkap dr Dwi sapaan akrabnya.

Dwi menjelaskan cara pencegahan stunting itu, pertama Ibu Hamil itu mendapat TTD minimal 90 tablet selama kehamilan, Pemberian makanan tambahan bumil, Pemenuhan gizi selama kehamilan, Persalinan dengan dokter atau bidan ahli IMD (Inisiasi Menyusu Dini).

Selanjutnya, kata dia ASI eksklusif sampai dengan usia 6 bulan, Berikan MP ASI untuk bayi usia 6 bulan sampai dengan 2 tahun, Berikan imunisasi dasar lengkap & vitamin A, Pantau pertumbuhan balita di posyandu terdekat dan Lakukan PHBS.

Sementara itu, Kepala PAUD Hidayah, Suroidah mengatakan kegiatan yang digelar ini sangat penting dicamkan oleh para orang tua. Karena peran orang tua dan perhatian terhadap buah hatinya sangat penting. Jangan sampai terjadi hal-hal yang akan menyesal dikemudian hari.

“Terima kasih kepada dr Dwiyana yang telah memberikan sosialisasi kepada para wali murid PAUD Hidayah ini,”pungkasnya.(HS-01)