Cukup Syarat 3T Sekolah Dapat Bantuan

SOSIALISASU : kegiatan sosialisasi Dana Bos Afarmasi dan Dana Bos Kinerja, di Gedung Disdik, Senin (14/10). Foto : Diah Anggraini/HS.

SILAMPARI OMLINE, EMPAT LAWANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang menggelar sosialisasi dana BOS Afirmasi dan dana BOS Kinerja, kepada seluruh kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Empat Lawang, Senin (14/10).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rita Purwaningisi melalui Kabid SD, Rizal Efendi mengatakan, sosialisai tersebut bertujuan agar anggaran dana BOS Afirmasi maupun BOS Kinerja dapat mensuport serta meningkatkan mutu para pelajar di sekolah.

Muat Lebih

“Dana BOS Afirmasi, dan dana BOS Kinerja, yang memang program pusat ini baru dilakukan tahun ini. Kami dan lainnya sama-sama bekerja sama karena program ini baru di lakukan tahun ini,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang didapat total sekolah yang sudah memenuhi syarat mendapatkan dana BOS Afirmasi yakni SD sebanyak 63 sekolah dan BOS Kinerja 5 sekolah. Sedangkan SMP yang mendapat kan dana BOS Kinerja 4 sekolah dan 1 sekolah untuk bantuan dana BOS Afarmasi.

“Jumlah yang mendapatkan bantuan dana BOS tersebut sudah memenuhi syarat 3 T. Yakni tertinggal, terpencil dan terluar. Sedangkan untuk dana BOS Kinerja, khusus sekolah yang memiliki predikat kinerja yang bagus,” paparnya.

Selain itu Rizal juga mengukapkan, ada sebanyak 174 sekolah dasar dan 35 sekolah menengah pertama. Namun tidak seluruhnya mendapatkan bantuan dana BOS yang dimaksut, dikarenakan belum memenuhi syarat 3 T.

“Kalau ada yang ingin melakukan pengajuan silahkan datang ke Dinas Pendidikan untuk informasi yang lebih jelasnya lagi,” terangnya.

Terkait dengan jumlah dana BOS yang didapat pada masing-masing sekolah, adalah Rp2,3 juta. Namun dihitung juga dari jumlah muridnya.

“Yang jelas semakin banyak murid, semakin besar dana yang akan di kucurkan, dengan menghitung jumlah murid untuk SD khusus kelas 6, sedangkan SMP khusus kelas 7,” pungkasnya. (KHS-05)

Penulis : Diah Anggraini
Editor : Fahrurozi
Redaktur : Agus Hubya Handoyo