Desa Batu Gajah Baru Juara BBGRM dan HKG-PKK

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : RISHAHUDI/HARIAN SILAMPARI</div></small> Bupati Muratara H M Syarif Hidayat ketika memberikan hadiah juara pertama kepada kades Desa Batu Gajah Baru Heri Thamrin

-Wakili Kabupaten Muratara ke Tingkat Provinsi

Silampari Online,

Muat Lebih

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PMD-P3A) menggelar kegiatan perlombaan bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke di Desa Batu Gajah Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara. Kamis (21/3).

Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Kepala Desa Batu Gajah Baru tersebut dihadiri Bupati H M Syarif Hidayat beserta istri Lia Mustika Syarif, Ketua DPRD Muratara Efriyansyah, Sekda H Zainal Arifin Daud, Kepala Dinas PMD-P3A Hj Gusti Rohmani, Kepala Desa Batu Gajah Baru Heri Tamrin, SKPD, OPD, Camat, Kades, serta masyarakat.

Kepala Desa Batu Gajah Baru Heri Tamrin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah memberi kepercayaan kepada Desa Batu Gajah baru mengikuti lomba BBGRM ke XVI dan HKG-PKK ke 47 tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

“Insya Allah amanah yang dititipkan akan kami laksanakan sebaik mungkin seluruh kemampuan akan saya kerahkan, semoga saja nanti juga bisa mewakili provinsi Sumsel ke tingkat nasional,”ungkap Heri.

Oleh karenanya, Heri meminta dukungan dan suport dari Pemda, mengingat lomba tersebut Desa Batu Gajah Baru mewakili Kabupaten Muratara.

Dalam kesempatan itu, Heri membeberkan kemajuan dan prestasi Desa Batu Gajah Baru selama dipimpinnya. Dari terkenal akan tingkat kriminalitas yang tinggi, sekarang predikat itu perlahan hilang.

Untuk prestasi, desa yang bertetangga dengan Desa Maur tersebut, berhasil
meraih predikat sebagai desa bersih, penghargaan pokok program PKK, penghargaan pembayaran pajak aktif, penghargaan MTQ dan penghargaan BUMDES.

“Insya Allah, kedepannya, kita tidak akan pernah berhenti untuk membantu pemerintah daerah mewujudkan muratara bangkit,”terang Heri.

Sementara itu Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat menuturkan BBRGM dan HKG-PKK dapat menumbuhkan kerjasama dalam berbagai pembangunan yang diarahkan pada penguatan pada kesatuan persatuan masyarakat. Selain itu juga menumbuhkan nilai sosial budaya.

“Ini patut dijaga dipelihara dan dikembangkan agar masyarakat bersinergi dalam pembangunan,” ujar Bupati.

Ia berharap BBRGM dan HKG-PKK tahun 2019 dapat dijadikan momentum untuk mempererat kebersamaan warga melalui peran nyata dalam berbagai aktivitas dalam rangka menjadikan masyarakat Muratara yang sejahtera, aman, bermartabat dan beriman.

Kemudian, Kepala Dinas PMD-P3A Hj Gusti Rohmani mengatakan dengan adanya BBRGM dapat menumbuhkan kembali budaya gotong royong.

“Kami harapkan budaya gotong royong kembali hidup di setiap desa dan mempersatukan masyarakat,”kata Gusti.

Sedangkan Ketua Tim penilai lomba BBRGM-HKG PKK tingkat Provinsi Sumsel H Fuad Zarkasi mengucapkan selamat kepada Desa Batu Gajah Baru yang terpilih sebagai peserta lomba mewakili Kabupaten muratara.

Dirinya memuji akan keberhasilan pemerintah desa dalam penataan lingkungan desa. “Seperti sepanjang jalan di pedesaan adanya asmaul husna, lalu dipasang lampu sebagai penerangan jalan membuat indah dan enak dipandang mata,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PKK Muratara Lia Mustika Syarif menyampaikan persiapan BBRGM dan HKG-PKK tersebut sejak 1 bulan lalu. “Mulai dari gotong royong sampai adanya pogging dan pelayanan umum,” ujarnya.

Kemudian ada juga pelayanan perpus keliling, pelayanan KTP, berobat gratis, KB gratis dan sunat gratis.

“Apa yang sudah dilakukan ini, sebagai bukti kalau masyarakat muratara memiliki semangat yang kuta untuk bangkit dan setara dengan kabupaten/kota lainnya” ujar Lia Syarif.(HS-04)