Desa Mekar Jaya Gelar Pemilihan BPD

PILIH : Pelaksanaan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) priode 2019-2025 di Desa Mekar Jaya (3A) Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (8/8/2019). Foto : Fahrurozi/HS.

Silampari Online

Desa Mekar Jaya (3A) Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, menggelar pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025, Kamis (8/8/2019). Pemilihan dengan sistem langsung oleh masyarakat desa tersebut, diikuti 6 orang calon anggota BPD, untuk memperebutkan 5 anggoat BPD terpilih.

Muat Lebih

Kepala Desa (Kades) Mekar Jaya (3A) Kecamatan Tebing Tinggi, Adi Iskandar mengatakan, ada 6 orang calon anggota BPD yang mengikuti pemilihan langsung tersebut. Dari 6 orang calon tersebut, satu diantaranya adalah calon perempuan. “Sebenarnya kemarin ada 7 orang yang mengajukan diri sebagai bakal calon anggota BPD. Namun karena ada satu orang yang mengudurkan diri, maka calon yang mengikuti pemilihan ini sebanyak 6 calon,” kata Adi Iskandar saat dibincangi Harian Silampari di sela-sela berlangsungnya pemilihan tersebut.

Menurut Adi, ada sekitar 1,361 mata pilih yang mempuanyai hak pilih dalam pelaksanaan pemilihan teraebut. Angka mata pilih tersebut tidak jauh berbeda dari angka mata pilih saat pemilihan presiden dan anggota legislatif lalu. “Paling juga kalau ada penambahan, itu yang sudah cukup umurnya saat ini lalu diberikan hak pilih oleh panitia pelaksana pemilihan,” terangnya.

Seperti pelaksanaan pemilihan Kades atau Pileg, tata cara pemilihan sama. Yaitu, pemilik hak suara menerima kertas suara dan masuk ke bilik suara untuk mencoblos calon yang disenangi dan selanjutnya memasukan kertas yang sudah dicoblos tersebut ke kotak suara yang sudah ditentukan. “Calon yang memilki suara terbanyak ditentukan sebagai ketua. Ini sudah sesuai dengan kesepakatan antar calon, sebelum berlangsungnya proses pencoblosan surat suara,” jelasnya. 

Diapun kembali menjelaskan, struktur anggota BPD di desanya terdiri dari satu orang ketua, satu orang sekretaris, satu orang bendahara dan dua orang anggota. “Jadi, total ada lima orang anggota,” tukasnya. (HS-05)