Desa Napal Melintang Wakili Mura

Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Sumsel

SILAMPARI ONLINE

Muat Lebih

MUSI RAWAS– Bupati H Hendra Gunawan menyambut kedatangan tamu penting, Jumat (8/11) yakni tim penilai lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dimana Desa Napal Melintang Kecamatan Selangit menjadi perwakilan Kabupaten Musi Rawas (Mura) dalam lomba LBS tingkat Provinsi Sumsel.

Hadir ketua tim penilai Kabid Pemdes DPMD Provinsi Sumsel Drs Uzerman, dan tim penilai terdiri dari DPMD Sumsel Rika Aprilisna, Naila Rohma, Efa Yuliana, Lisma Voni, Dinkes Sumsel Oly Putri Sari, DLH Sumsel Indah Manggi, dan BKKBN Sumsel Hafni.

Pada kesempatan ini, Bupati H Hendra Gunawan mengucapkan terimakasih kepada tim penilai yang sudah 4 hari berada di Kabupaten Musi Rawas. Bupati menyampaikan bahwasanya Desa napal melintang merupakan salah satu desa paru paru dunia, karena berada di kawasan TNKS. Bupati berharap melalui lomba LBS ini masyarakat Musi Rawas, khususnya Desa Napal Melintang benar-benar menerapkan pola hidup sehat.

“Dua tahun yang lalu, sudah dibangun sarana air bersihnya dan mewujudkan Desa dengan lingkungan bersih dan sehat, secara bertahap kita melakukan merubah kebiasaan untuk tidak membuang air besar disungai melalui program jamban sehat,” ujar Bupati.

Kades Napal Melintang Samsi Herman mengucapkan selamat datang di Desa Napal Melintang kepada Tim Penilai LBS Provinsi Sumatera Selatan. Samsi berharap Desa Napal Melintang nantinya bisa menjadi perwakilan Provinsi Sumsel ditingkat nasional agar bisa menjadi contoh bagi desa lainnya serta mengimplementasikan pola hidup sehat bagi seluruh masyarakat desa.

Ketua tim penilai Kabid Pemdes DPMD Provinsi Sumsel Drs Uzerman memberikan apresiasi kepada Bupati Musi Rawas dan masyarakat Desa Napal Melintang yang sudah bersungguh-sungguh mengikut perlombaan LBS. Uzerman melihat antusias masyarakat sangat bersungguh-sungguh untuk mengikuti lomba ini, dan Uzerman juga berharap Desa Napal Melitang bisa menjadi juara.

“Awalnya melalui penilaian administrasi berbentuk laporan yang dikirimkan dan lolos pada tingkat kota. Kemudian kami (tim juri) ingin melihat langsung kondisi di lapangan seperti apa. Bila lolos di tingkat provinsi, Desa Napal Melintang akan mewakili Sumsel ke tingkat nasional dalam lomba kebersihan lingkungan dan hidup sehat. Insya Allah semua lancar,” ujar ketua tim penilai.

Turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas (Kadis) PMD Mura, Kepala Dinas Kesehatan Mura, Kepala Dinas PUCKTR, Kepala Dinas Perkim, Kadis Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perkebunan, Staf Ahli Bupati, Camat Selangit Hj Rusana Mulawati, Kepala Desa Napal Melintang Samsi Herman dan unsur Forkompinda Kabupaten Musi Rawas.

Laporan : Agus Hubya H

Sumber  : Kominfo Mura