Desak PLN Tuntaskan Gardu Induk

Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana ST.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana mengaku akan kembali mendesak PT PLN untuk segera menuntaskan persoalan Gardu Induk yang ada di Kabupaten Empat Lawang, yang belum juga beroperasi hingga saat ini.

“Sejak saya bersama pak bupati dilantik, kami langsung membahas soal Gardu Induk, dan mendesak PLN untuk menuntaskan masalah listrik di Empat Lawang,” terang Yulius saat dibincangi wartawan, usai pelaksanaan upacara HUT ke-39/2020 Satpam di Mapolres Empat Lawang, Rabu (22/1).

Muat Lebih

Saat itu, kata Yulius, antara pihaknya dengan PT PLN sepakat penyelesaian soal jaringan Gardu Induk pada September 2019 pada kesepakatan pertama hingga molor lagi ke November 2019 dan terakhir janji PT PLN selesai Januari. Mengapa tidak lagi didesak, kata Yulius, karena ada penjelasan dari pihak PLN ada perubahan jalur jaringan yang sebelumnya mengarah ke arah bandar udara (bandara).

“Kita tunggukan dahulu (sampai Januari 2020) ini, jika tidak ada tidak lanjut, Insyaallah saya bersama pak bupati akan kembali ke pusat,” jelasnya.

Yulius menyebut, tujuan pihaknya ke pusat tentu akan kembali mempertanyakan, mengapa Gardu Induk di Empat Lawang, sudah hampir 7 tahun belum juga difungsikan. “Pembangunan gardu induk itu habiskan lebih dari Rp 135 miliyar, kalau ini tidak segera difungsikan tentu ini akan kembali kita pertanyakan ke pusat,” imbuhnya.

Sejauh ini lanjut Wabup, pelaksanaan pembebasan lahan untuk jalur jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) khusus di Empat Lawang, tidak ada kendala dan informasi yang juga didapat di daerah lain juga sudah tidak ada kendala, tinggal pembayaran pembebasan lahannya saja.

“Kalau memang tidak ada kelanjutan, tentu kita akan kembali ke pusat,” ujarnya.

Diakuinya, penuntasan persoalan byar-pet listrik, merupakan janji politik dirinya bersama Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad. Karena itu dia berkomitmen akan menyelesaikan masalah ini.

“Ya, karena ini janji politik kami, makanya kami berkomitmen menyelesaikan ini,” tukasnya. (frz)