Dewan Minta Pemerintah Atasi Krisis Air Bersih

ANTRE : Sejumlah warga sedang antre di fasilitas sumur bor gratis yang baru beberapa hari ini di gali dengan dana pribadi Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Empat Lawang, Joni Riko, Selasa (29/10). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, diminta segera mengatasi krisis air bersih di Kabupaten Empat Lawang. Pasalnya, meski sudah ada hujan yang mengguyur, namun intensitasnya tidak terlalu besar, sehingga masyarakat yang jauh dari daerah aliran sungai, masih terdampak krisis air bersih.

Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Empat Lawang, Joni Riko mengatakan, hingga saat ini masih terjadi krisis air bersih di tengah masyarakat karena musim kemarau belum benar-benar berakhir.

Muat Lebih

“Ada beberapa wilayah, warganya sangat kesulitan air bersih. Kita berharap pemerintah segera peduli atas hal ini dan bukan hanya peduli di mulut saja tapi juga harus dengan tindakan,” ungkap Riko saat dibincangi wartawan, Selasa (29/10).

Seperti di kawasan Desa Mekar Jaya, Desa Mekarti Jaya, Talang Banyu dan kawasan Perumnas Kros di Kecamatan Tebing Tinggi. Warga di sana kata Riko, sudah sangat kesulitan air bersih.

“Hanya beberapa gelintir saja warga yang ada sumur bor, yang bisa memenuhi air bersih sendiri. Kebanyakan menggantungkan pada sumur gali yang kini suda banyak yang kering,” cetusnya.

Karena itu selaku anggota dewan, yang menjadi penyambung lidah rakyat, dia merasa berkewajiban menyampaikan keluhan masyarakat soal krisis air bersih yang sedang dialami dan berusaha mengatasi persolan krisis air bersih di salah satu titik, yakni di Desa Mekar Jaya Kecamatan Tebing Tinggi, dengan cara bagi-bagi air bersih secara gratis ke masyarakat dari sumur bor yang digali dan dibuat dengan dana pribadi.

“Masyarakat butuh tindakan, bukan retorika. Saat ini mereka butuh air bersih, bukan janji penuntasan masalah PDAM yang belum tahu ujung cerita,” tukasnya. (HS-05)

Penulis : Fahrurozi
Editor : ….
Redaktur : Agus Hubya Handoyo