Diduga Satu ODP di Kecamatan Ulu Musi

Ilustrasi (NET).

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Seorang warga dI Kecamatan Ulu Musi, diduga berstatus orang dalam pengawasan (ODP) Covid-19. Bahkan, dalam informasi yang berhasil dihimpun, tim medis dan pemerintah kecamatan setempat, telah melakukan kunjungan ke rumah yang bersangkutan, untuk melakukan prosedur yang biasa dilakukan terhadap ODP Covid-19.

Berdasarkan informasi sumber berita ini menyebutkan, ODP ini memiliki riwayat perjalanan pada Februari lalu ke Jakarta dan selama kurang lebih sebulan di sana berjualan gorengan di pinggir jalan dan pulang ke Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang, sekitar dua minggu lalu.

Muat Lebih

Pada Selasa (24/3) lalu, tim Puskesmas Padang Tepong sudah melakukan kunjungan, meski dengan alat pelindungan diri (APD) seadanya.

Dari hasil pemantauan, ODP ini mengalami keluhan batuk dahak dan tenggorokan gatal, dengan suhu tubuh masih normal 3,6 derajat (tidak demam). ODP ini menjelaskan bahwa sudah berobat ke salah satu dokter di Kabupaten Kepahiang dan diberikan obat Paracetamol, Ibuprofen, teofilicin dan Cipro.

Didapat juga riwayat, bahwa pasien hanya melakukan kontak dengan seorang yaitu suami dan saat ini sang suami belum ada keluhan apapun. Meski demikian, ODP ini dilakukan tindakan isolasi mandiri di rumah, sampai 14 hari ke depan.

Sementara itu, Camat Ulu Musi Zaili berharap agar masyarakat tidak panik dan mematuhi himbauan yang diberikan oleh pemerintah. Terkait yang diduga ODP tersebut, Zaili tidak dapat berkomentar banyak, hanya saja dia kembali menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tidak menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya.

“Tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan serta menjaga kontak fisik, tidak ke luar rumah jika tidak penting,” imbaunya.

Diapun menegaskan, agar kepala desa (kades) diwajibkan memantau dan melaporkan kalau ada warga yang baru datang dari daerah yg sudah terjangkit Covid 19.

“Kades harus menghimbau masyarakat untuk menunda jika ada masyarakat mau mengadakan hajatan yang mengundang banyak orang,” tandasnya. (KHS-06)