Dihalangi Maju BPD, Warga Protes

Silampari Online

MUSI RAWAS- Puluhan warga SP V Desa Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi, mengelar aksi damai didepan Kantor Camat Muara Kelingi, Senin (7/10) Sekitar Pukul 10.00 Wib.

Muat Lebih

Dimana, aksi tersebut dikarenakan dugaan penolakan dengan dijegal untuk mencalonkan sebagai anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Kami hendak mendaftar namun ditolak, sedangkan yang lain masih diterima. Sehingga, tindakan ini hendak menjegal kami supaya tidak mencalonkan BPD,”jelas Buston kepada Harian Silampari.

Lebih lanjut ia menceritakan bahwa, pada 1 Oktober 2019 dirinya menanyakan ke Sekretariat pemilihan BPD dan dijawab bahwa hanya tujuh orang yang mendaftar.

“Saya tahu bila sesuai tahapan bahwa pendaftaran sudah ditutup, namun kuota belum terpenuhi. Jika kuota belum terpenuhi, maka ada perpanjangan pendaftaran,”terangnya.

Kemudian, pada 4 Oktober ia kembali hendak mendaftar namun ditolak, karena kuota sudah terpenuhi dan ia sudah menemukan ketua panitia.

“Mereka bilang bahwa kuota balon BPD sudah terpenuhi yakni sebanyak 14 orang, saya selanjutnya menanyakan kepada tiga orang warga yang mendaftar susulan tersebut, ternyata mereka hanya menyetor poto copi KTP dan mereka hanya menjadi balon BPD bayangan agar kuota terpenuhi,”paparnya.

Selain itu, warga yang dijadikan balon BPD bayangan tersebut yakni istri ketua panitia, istri balon BPD dan keponakan balon BPD.

“Tindakan ini jelas menciderai pesta demokrasi pemilihan BPD, setelah mekanisme ditentukan Kades, lalu pendaftarannya juga dibatasi. Sayapun sadar bahwa Kades Karya Teladan adalah adik ipar dari Camat Muara Kelingi, tapi inikan untuk kepentingan orang banyak dan demi majunya Desa Karya Teladan,”paparnya.

Terlepas dari itu, dirinya bersama warga lainnya sudah bolak-balik untuk mekanisme pemilihan sesuai kehendak masyarakat. Sebab Musdes yang diseleggarakan tidak sesuai dengan Perbup.

“Jika hendak bertarung, maka secara gentle, jangan memanfaatkan jabatan untuk menutup ketakutan. Saya siap bertarung secara langsung, berkas saya sudah siap,”singgungnya.

Sementara itu, terkait aksi damai tersebut, Camat Muara Kelingi Firdaus dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Muara Kelingi Zainal Abidin belum berhasil dikonfirmasi. (HS-03)