Dilatih Tanggap Bencana

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>LATIHAN : </strong> Pelajar SMA-SMK Tugumulyo mengikuti latihan tanggap bencana banjir, dan dilatih langsung oleh Koramil 406-06 Tugumulyo dan Kodim 0406.

Silampari Online,

MUSI RAWAS – Anggota Saka Wira Kartika di didik Krida Bencana Alam Oleh Koramil 406-06/Tugumulyo dan Kodim 0406/MLM, minggu lalu (6/1).

Muat Lebih

Kegiatan itu untuk sigap menanggulangi bencana dan diikuti para pelajar SMA/SMK Tugumulyo.

“Kegiatannya dilaksanakan di bendungan kelingi, Desa D Tegalrejo Kecamatan Tugumulyo,”kata Pembina saka wira kakrtika Serda Agus Yulianto.

Tujuan kegiatan ini untuk pengenalan fokus penanggulangan bencana alam banjir. Mereka diajarkan bagaimana pemasangan pelampung dan penyelamatan korban di sungai cukup deras.

“Latihan ini akan membentuk mental dan fisik , ketika memang misalkan ada bencana banjir,”ujarnya.

Menurutnya Pendidikan Anggota pramuka saka wira karya menempuh fokus program lima kirda dalam waktu satu tahun. Seperti kirda penanggulangan bencana alam, pioners, mountainering, navigas darat dan survival.

“Pelaksanaan pelatihan dibagi dua, pertama pelatihan disekitar kodim dan kedua di sekitar koramil kabupaten Tugumulyo,”unkapnya.

Semoga, lanjut Agus, kegiatan pelatihan saka wira kartika dapat meningkatkan kesadaran bela negara serta tetap menjaga NKRI dan membantu orang orang ketika dalam menghadapi musibah banjir.

“Semuanya mesti dilatih, jika sudah terlatih, maka besar kemungkinan bisa meminimalisir jatuhnya korban ketika ada musibah banjir,”pungkasnya.(HS-02)