Dinas Lingkungan Hidup Pindah Asuransi ke Taspen

SILAMPARI ONLINE,

LUBUKLINGGAU – Penandatanganan kerjasama perpindahan asuransi Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) non Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau ke PT Taspen (Persero).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan Kepala Badan Keuangan Daerah, Imam Senen serta sebagai Kepala DLH, Subandio Amin bertempat di Bandiklat Lubuklinggau.

General Manager PT Taspen (Persero), Sahrizal mengatakan pertemuan tersebut bertujuan untuk penandatanganan MOU JKK dan JKM untuk non ASN DLH Lubuklinggau. Ia menyebut, perubahan asuransi ke PT Taspen adalah sebagai bentuk kepercayaan masyarakat bahwasannya proses klaim cepat dari PT Taspen yang hanya satu jam langsung dibayar.

“Penandatanganan MOU asuransi dari ‘sebelah’ pindah ke kami, yang perlu ditekankan adalah perubahan itu, bahwasannya yang harus diperhatikan ialah purna membayarnya atau proses klaimnya itu satu jam kita bayar,”kata Sahrizal.

Dirinya mengungkapkan periode kerjasama berlangsung pertahun, dengan menggandeng DLH sebagai dinas pertama di 2020, namun ia menyampaikan sudah ada beberapa dinas di 2019 sebelumnya yang mempercayai PT Taspen sebagai asuransi.

“Setelah pembicaraan dengan pak Wali dan BKD, berikutnya akan dimasukkan sat Pol PP serta Dinas damkar dan PB. Harapan yang saya sampaikan ke pak Wali tadi kalau semua (Dinas) kita siap,”ungkapnya.

Sahrizal menyampaikan PT Taspen memberikan contoh yang benar dan berkompeten untuk mengurus asuransi. Atas izin Walikota, dirinya akan membuat program untuk membayar biaya ASN yang meninggal. Untuk yang mempengaruhi besaran biaya yang dikeluarkan ada 4 item yakni golongan, mempunyai suami istri, mempunyai anak dan lama bekerja.

“Intinya kalau diibaratkan perkalian gaji, yang meninggal biaya terendah mencapai 9 sampai 11 kali gaji,”akunya.

Sementara itu Kadis DLH Lubuklinggau, Subandio Amin melalui Sekretaris DLH, Sodri mengungkapkan, untuk kesepakatan MOU telah melakukan kesepakatan sebelumnya kurang lebih tiga kali pertemuan. Dengan alasan memilih Taspen sebagai tempat kerjasama ini melihat dari jaminan yang dihadirkan oleh Taspen sangat baik dan mudah dari berbagai jenis pelayanan maupun program yang dihadirkan, maka dari itu pihaknya tertarik untuk menjalin kerjasama.

“kedepan nanti dengan adanya asuransi ini para pekerja khususnya Non ASN ada jaminan hidup dalam bekerja maupun pertanggung jawaban,”ungkap Sodri (CW-02)