Dinas PUPR Muratara Lakukan Sosialisasi Perda RTRW

SILAMPARI ONLINE,

MURATARA-Pemkab Muratara melalui Dinas PUPR Kabupaten Musi Rawas Utara melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Muratara Nomor 12 tahun 2016 tentang rencana tata ruang dan wilayah (RTRW). Bertempat di Hotel Burza Lubuklinggau, Rabu (11/12/2019).

Muat Lebih

Dihadiri Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muratara, Alfirmansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan diwakili Juwita, Kadishub Al Azhar, Sekdis Kominfo Henni Mardiana, Kadis Penanaman Modal Irawan, pelaku usaha dan stake holder lainnya.

Usai acara, Kadis PUPR Muratara Erdius Lantang kepada wartawan Silampari Online dan lainnya mengatakan, RTRW ini sebagai acuan atau dasar pembangunan Muratara 2018-2028 atau rencana pembangunan jangka menengah dan panjang. Setelah disahkan perda Kabupaten Muratara Nomor 12 tahun 2016 tentang RTRW, diharapkan perusahan, Opd dan instansi lainnya, bila melakukan pembangunan disesuaikan RTRW.

Diungkapkannya, proses penyusunan perda RTRW ini sangat panjang dan lama dalam pembahasannya, mulai dari tingkat Kabupaten, propinsi hingga ke kementrian. Raperda diusulkan 2014, pasca pemekeran dan Juli 2018 sudah disahkannya “Saat ini, kita sosialisasikan perda RTRW supaya dipahami dan dijalani seluruh masyarakat, pengusaha dan opd di Muratara,” ucapnya.

Mengenai konsep pembangunan Pemerintahan Muratara sudah sesuia RTRW, sambung dia, hanya belum dibuat secara detail. Untuk itu, kedepan 2020 akan dibuat aturan secara detail tata ruangnya. “Kita akan kerjasama dengan ITB Bandung dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), kalau bisa dibuat setiap kecamatan bukan di ibu kota kecamatan saja,” katanya.

Laporan : Agus Hubya H