Satu Untuk Semua

Disdik Pastikan tak Ada Guru Honorer Ber-SK Bupati

Silampari Online,

EMPAT LAWANG- Saat ini, Kabupaten Empat Lawang, memiliki tenaga guru di jenjang TK sebanyak 4 PNS, 78 guru tetap yayasan (GTY) dan 10 guru tidak tetap (GTT) dengan total 92 orang. Sementara di jenjang SD, sebanyak 1178 berstatus PNS, 12 berstatu GTY dan 1308 berstatus GTT dengan total 2498 orang. Serta di jenjang SMP, guru PNS berjumlah 378, 15 orang berstatus GTY dan 581 orang berstatus GTT dengan 974 orang.

“GTY dan GTT merupakan guru honorer yang diangkat oleh pihak yayasan maupun sekolah dan terdata di Disdikbud melalui Dapodik,” ungkap Kabid PTK Disdikbud Empat Lawang, Arbanu melalui Kasi PTK PAUD PNF, Andry kepada wartawan, Jum’at (13/7).

Dijelaskannya, honorer yang tersebar di sekolah-sekolah saat ini tidak ada SK Bupatinya, semuannya SK dari Kepala Sekolah masing-masing dan sampai saat ini belum ada guru honorer yang menanyakan adanya lowongan CPNS ke bidang PTK. “Informasinya honorer yang ingin ikut CPNS, jalur tesnya sama dengan yang umum,” jelasnya.

Mengenai kekurangan dan kebutuhan guru, Andry menerangkan, pihaknya sudah melaporkan jumlah tersebut ke BKPSDM Empat Lawang.

“Sudah kita sampaikan ke BKPSDM. Berapa jumlah guru yang diterima CPNS itu merupakan kebijakan BKPSDM,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Kabupaten Empat Lawang, Drs Januarsyah Hambali mengaku belum ada petunjuk teknis terkait rencana perekrutan CPNS di Kabupaten Empat Lawang. Namun pihaknya tetap memastikan penerimaan CPNS itu ada, tepatnya di Juli 2018.

“Tanggalnya memang belum diketahui, tapi mudah mudahan dibulan ini sudah dibuka, apakah pertengahan, atau akhir bulan ini,” kata Januarsyah.

Selanjutnya Januarsyah menyampaikan, berdasarkan usulan pihaknya jumlah kuota penerimaan diusulkan sebanyak 544 formasi, dengan formasi paling banyak yang diusulkan adalah guru dan tenaga kesehatan. Namun, jumlah formasi yang disetujui sampai saat ini belum ada. “Juklak memang belum ada, namun sebelumnya, informasi tes bakal dilaksanakan di Palembang, di kantor BKN Regional VII,” terangnya. (HS-05)

Komentar
Loading...