Disiram Pakai Sambal Pasir

RILIS : Tersangka In (35) warga desa Airlang kecamatan Sindang Dataran bersama barang bukti alat yang digunakan tersangka untuk melakukan tindak kejahatan saat press rilis (7/11) di Mapolres Rejang Lebong

SILAMPARI ONLINE

REJANG LEBONG – Unit Reskrim Polsek Bengko Sindang Dataran berhasil mengamankan In (35) warga desa Airlang kecamatan Sindang Dataran Rabu malam Kamis (6/11) sekitar pukul 21.45 wib di Desa Sindang Jati bersama barang bukti kunci T, kayu kopi, dua lembar baju yang digunakan tersangka untuk menutup wajahnya, sambal pasir serta sarung.

Muat Lebih

Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmad Mustika melalui Kapolsek Bengko Ipda Hengky saat press rilis Kamis (7/11) mengatakan diamankannya tersangka berdasarkan laporan polisi nomor : LP/B-27/X-287/2019/BKL/RES RL/SEK.DTR yang dilaporkan Kamis 6 Juni lalu kemudian unit Reskrim melakukan penyelidikan ciri-ciri tersangka yang dilaporkan korban Hendra Wahono (28) warga IV Suku Menanti kecamatan setempat.

Kronologis kejadian Kamis 6 Juni lalu korban yang menggunakan sepeda motor jenis Yamaha Vega BD 2129 PM nomor rangka MH35D9207EJ987789 serta nomor mesin 5D1987784 warna hitam hendak pergi ke kebun miliknya di desa Sidang Jati sekitar pukul 17.00 wib.

Tiba-tiba disawangan desa IV Suku pelaku bersama satu rekannya menggunakan penutup wajah dengan baju sambil mengarahkan pukulan menggunakan kayu kopi ke arah Korban, sehingga korban tersungkur dan berlari kemudian kedua pelaku melarikan kendaraan tersebut.

“Dari keterangan pelaku bahwa sepeda motor curian tersebut sudah dijual di desa Simpang Beliti kecamatan Binduriang yang saat ini masih dalam penyelidikan kita,”katanya.

Sedangkan pelaku melanggar pasal 365 KUHP dengan anacaman hukuman 9 tahun kurungan penjara sedangkan rekan pelaku yang sudah dikantongi identitas masih dalam pengejaran anggota.

Sementara itu, Tersangka In yang berhasil diwawancari awak media mengatakan dalam melakukan aksinya dirinya bersama satu rekannya mereka sengaja bersembunyi dibalik semak belukar untuk melihat targetnya ketika korban sudah mendekat barulah keduanya keluar sambil mengarahkan pukul menggunakan kayu kopi ke arah Korban sehingga korban terjatuh.

“Biasanya pak (wartawan red) korban langsung terjatuh dan kami pukul menggunakan kayu kopi dan kalaupun korban tidak lari kami langsung melemparkan serbuk pasir yang bercampur cabai ke arah wajah korban sehingga korban kabur kalaupun kunci sepeda motor korban dibawahnya kami sudah menyiapkan Kunci T yang kami buat sendiri,”paparnya.

Saat ditanyai bagaimana membuat sambal pasir (pasir dicampur dengan cabe rawit red) In menerangkan bahwa harus dipilih pasir yang paling halus biasanya itu pasir laut kemudian dijemur.

“Untuk cabainya kita pilih cabai rawit hijau yang sudah berwarna merah kemudian digiling dan direndam selama 2 malam dengan pasir laut tersebut setelah itu disaring kemudian di goseng menggunakan kuali dan siap digunakan,”singkat In.

Sedangkan tindak kejahatan ini dilakukan In untuk mencukupi kebutuhan dapur sehari-hari.”Untuk beli bahan dapur pak dan baru pertama kali saya melakukan ini,”kilah In.(HS-06)