Diskanak Bagikan 200 Paket Olahan Ikan

FOTO : CLAUDEO/OKUTPOS RESMIKAN : Wakil Ketua I TPKK Lilik Setio Rini Fery didampingi Sekda OKU Timur Jumadi, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Tubagus Sunarseno saat meresmikan lomba masak serba ikan.

SILAMPARI ONLINE– Selain menggelar lomba masak serba ikan tingkat kabupaten. Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur akan melakukan sosialisasi gemar ikan dengan membagikan 200 paket yang terdiri dari susu dan olahan ikan berupa nugget dan brownies pada kelompok belajar (KB), Paud dan taman kanak-kanak (TK) di Kecamatan Martapura.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung pemanfaatan sumber daya ikan, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan. Menyebarluaskan informasi tentang ikan dan kandungan gizi produk olahan perikanan,” katanya.
Kegiatan ini kata dia, untuk menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur terkait guna menyukseskan program gerakan memasyarakatkan makan ikan secara nasional baik dari tingkat pusat, provinsi sampai kabupaten yang telah dicanangkan secara resmi oleh presiden republik indonesia sejak tahun 2004.

Muat Lebih

“Gerakan tersebut bertujuan membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dan dilaksanakan melibatkan seluruh elemen bangsa,” jelasnya.

Selain itu lanjut dia, dapat kami sampaikan salah satu implementasi gemarikan adalah melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Sekda OKU Timur Jumadi mengatakan, dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan masyarakat, kementerian kelautan dan perikanan mempelopori gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemar ikan).

“Gerakan ini bertujuan membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dan dilaksanakan melibatkan seluruh elemen bangsa. Salah satu implementasi gemarikan adalah melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional,” katanya.

lomba masak serba ikan tersebut kata dia, diselenggarakan oleh direktorat jenderal pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, kementerian kelautan dan perikanan bekerjasama dengan tim penggerak pkk pusat.

“Melalui kerjasama seperti dimaksud diharapkan menu-menu tersebut dapat diimplementasikan sampai ketingkat dasawisma,” pungkasnya.

*Sumber Oku Timur Pos