Diskominfo Harus Kreatif dan Inovatif

SILAMPARI ONLINE

PANGKAL PINANG-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi menghadiri Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) di Kota Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung pada 24-25 Oktober 2019. Kegiatan tersebut dipusatkan di Novotel Hotel dan Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkal Pinang.

Muat Lebih

Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Widodo Muktiyo menjelaskan, pemerintah sudah membangun Palapa Ring. Fasilitas ini telah berhasil menghubungkan kabupaten kota di Indonesia.

Disarankan agar masyarakat memanfaatkan teknologi untuk mencari informasi positif. Ia menambahkan, Diskominfo bertanggung jawab untuk mengarahkan agar masyarakat memanfaatkan fasilitas ini. Tantangan yang perlu dipersiapkan, yakni menghadapi luberan Informasi.

“Banyak situs dengan konten negatif sudah diblokir. Hendaknya selektif dalam menggunakan internet, berikan penjelasan sebaik-baiknya kepada anak kita,” jelasnya.

Partisipasi aktif juga ditunjukkan oleh staf Dinas Kominfo Lubuklinggau, Eko Sutrisno. Dalam sesi tanya jawab dengan Direktur Komunikasi Indonesia Indikator, Rustika Herlambang, Eko bertanya mengenai strategi komunikasi. Ia mengatakan, terkadang informasi positif yang disampaikan oleh pemerintah kurang mendapat respon dari masyarakat. “Masyarakat justru lebih menyukai pemberitaan negatif, bagaimana kita dari pemerintah untuk menyampaikan informasi positif tetapi mudah diterima masyarakat,” ungkap Eko.

Menjawab pertanyaan tersebut, Rustika menyebut, Dinas Kominfo sebagai corong pemerintah harus kreatif dan inovatif. “Hal itu dibutuhkan oleh Dinas Kominfo dan kehumasan agar mampu menyampaikan berita positif sehingga bisa diterima secara baik oleh masyarakat,” kata Rustika Herlambang.

Kegiatan SAIK 2019 dihadiri oleh peserta dari seluruh Indonesia yang berasal dari kalangan pemerintah daerah, BUMN, hingga Pranata Humas. (*) @ Kota Pangkal Pinang.

SUMBER : Kominfo Lubuklinggau