Ditemukan Lahan Terbakar Akibat Ini

REJANG LEBONG – Hostpot (Titik api) terpantau satelit. Ada dua lokasi. Di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) dan Kota Padang, Kabupaten Rejang Lebong. Terungkap di wilayah itu setiap tahun saat musim kemarau tiba selalu muncul Hotspot.

Temuan ini membuat Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Kav Budi Wirman S.Sos memerintahkan jajarannya memantau langsung ke lokasi.
“Adanya titik api di wilayah itu jadi perhatian kita bersama dengan Polisi. Serta Pemkab Rejang Lebong untuk mengecek ke lapangan dan hasilnya petugas gabungan menemukan adanya lahan terbakar akibat pembukaan lahan pertanian.

Bacaan Lainnya

“Api yang timbul diduga akibat pembakaran lahan dilakukan warga untuk usaha pertanian. Kemudian petugas melakukan pemadaman sehingga tidak menjalar lebih luas,” papar Dandim, Selasa (6/8).

Sekedar diketahui, kebakaran lahan di Kabupaten Rejang Lebong dalam beberapa hari terakhir mulai terlihat di beberapa titik terutama di Kecamatan PUT dan Kota Padang. Daerah itu berbatasan dengan Provinsi Sumsel dan setiap tahun sering terjadi kebakaran lahan.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tidak menggunakan cara pembakaran guna membuka lahan baru. Karena tindakan ini bisa menyebabkan kebakaran hutan, dan dapat dikenai sanksi hukuman pidana.

“Pembukaan lahan pertanian dengan cara dibakar ini melanggar hukum, dan warga melakukannya bisa dikenakan sanksi pidana. Kita melarang keras warga yang membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. Apalagi sekarang sedang musim kemarau. Sehingga bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan,” himbau Dandim.

Di wilayah Kabupaten Lebong dan Kepahiang yang juga masuk dalam teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong sejauh ini belum ditemukan Hotspot. Akibat kebakaran hutan dan lahan. Meski demikian Dandim telah memerintah petugas Babinsa melakukan sosialisasi, larangan pembakaran lahan. Serta meningkatkan pengawasan di lapangan.(HS-06)