Ditinggal Pergi, Rumah Terbakar

SILAMPARI ONLINE

MUSIRAWAS–
Si Jago Merah kembali mengamuk. Kali ini menimpa rumah milik Alm (Almarhum) Alamsyah di Dusun 1 Desa Lubuk Pauh, Kecamatan Lubuk Pauh, Senin (7/10/2019) sekitar pukul 08.30 WIB.
Dikutip dari Silampari Media, peristiwa itu terjadi saat rumah dalam keadaan kosong. Anak (alm) Alamsyah yang menempati rumah tersebut, Yana (48) dan Zubaidah (45) sedang beraktifitas di luar.

Akibat musibah kebakaran itu, bangunan rumah rata dengan tanah, tidak ada harta benda yang berhasil disealamatkan. Semuanya telah menjadi tumpukan puing.

Muat Lebih

Kepala Desa Lubuk Pauh, MK Afendi menyampaikan keterangan yang diberikan warganya diduga api pertama kali berasal dari dapur rumah Yana.

“Berdasarkan keterangan dari warga yang menyebutkan terdapat kepulan asap yang berasal dari dapur rumah milik orang tua Yana tersebut,” ujar MK Afendi.

Menurutnya, tidak lama setelah kepulan asap disusul kobaran api yang dengan cepat melalap bangunan rumah yang terbuat dari kayu.

Warga setempat yang melihat kejadian itu bergotonhg royong berusaha memadamkan api, namun apa daya api cukup sulit dipadamkan.

“Sepengetahuan saya tidak ada yang tersisa, semua isi rumah habis dilalap api,” ucap MK Afendi.

Api bahkan berusaha menjilat rumah warga lainnya yang ada di sekitar lokasi. Untuk menghambat laju api supaya tidak merambat, warga berinisiatif merobohkan dapur rumah Dolet.

“Api sudah menjalar di dapur Dolet. Agar rumahnya tidak ikut terbakar, akhirnya kami merobohkan dapur rumahnya,” ucapnya.

Terpisah Camat BTS Ulu, Maidi Imam menyampaikan dirinya sudah mendapatkan laporan dari Kades. Dalam waktu dekat dirinya akan ke Desa Lubuk Pauh, untuk mengecek langsung kondisi korban kebakaran.

“Untuk korban saya minta agar tetap bersabar, karena ini cobaan. Di musim kemarau ini, saya himbau warga untuk mewaspadai api yang dapat berujung kebakaran,” pungkasnya.