DLH Dinilai Tidak Cepat Tanggap

SAMPAH : Tumpukan sampah di sekitar Tugu Kopi Kota Kepahiang, terlihat menggangu keelokan Kota Kepahiang, Selasa (4/2/2020). Foto : Darul Qutni/Silampari Online.

SILAMPARI ONLINE, KEPAHIANG – Tempat pembuangan sampah di dekat Tugu Kopi dan Taman Santoso merusak pemandangan, sementara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang, dinilai tidak cepat tanggap terkait kebersihan dan tata Kota Kepahiang. 

Pantauan wartawan di lokasi, keelokan Kota Kepahiang nampak terganggu dengan keadaan yang terlihat saat ini. Hal ini juga diperparah banyaknya penjaja makanan kaki lima berjejer di antara tumpukan sampah.

Muat Lebih

Selain itu, kedua tempat pembuangan sampah umum ini berada di pusat kota yang berdekatan dengan Pasar Kepahiang serta berdekatan juga dengan Terminal dan Taman Santoso. 

Hal ini sungguh merupakan gambaran yang kurang bagus terhadap kesehatan masyarakat. Bagaimanapun sampah adalah kumpulan kotoran, berbagai bekas limbah rumah tangga dan sebagainya, merupakan sumber penyakit.

Salah seorang pedagang saat dibincangi wartawan, mengakui sebenarnya mereka juga kurang nyaman dengan keadaan tersebut, namun tidak ada pilihan lain karena tuntutan ekonomi, dan masyarakat juga masih mau berbelanja. 

“Ya, mau bagaimana lagi, inilah usaha dan masih juga dibeli orang,” ungkap R salah seorang pedagang kaki lima, Selasa (4/2).

Sementara menurut Watusi (39), dia menyesalkan pengelolaan sampah yang buruk di Kota Kepahiang, sangat mengganggu pemandangan, apa lagi di sekitar Tugu Kopi sudah menjadi ikon Kota kepahiang yang dijadikan ajang selfi dan wisata baru bagi masyarakat.

“Beberapa meter di samping tugu, bertengger tempat pembungan sampah. Tentu sangat tidak sedap dipandang mata,” imbuhnya.

Saat ini sebut dia, terlihat sampah-sampah tersebut sudah menumpuk. Bahkan dibelakang kios pedagang terminal sampah tersebut bukan  di dalam tong sampah saja tapi sudah berserakan juga diantara pagar taman Sentoso dan kios pedagang.

“Harapan kita, persoalan sampah di kawasan Tugu Kopi dan Taman Sentoso ini segera diselesaikan oleh dinas terkait,” harapnya. (KHS-05)