Dodi Gratiskan Seragam dan Alat Tulis Mulai dari Muba

Silampari Online, 

MUBA– Program sekolah gratis dari jenjang SD-SMA dimulai dari bumi Serasan Sekate sejak tahun 2002 lalu kini lebih dimaksimalkan lagi oleh Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin.  Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui program terobosan Dodi berencana pada Tahun Ajaran Baru (TAB) 2018/2019 mendatang akan menggratiskan seluruh seragam dan alat tulis untuk pelajar di Muba dari jenjang SD-SMA sederajat. “Ini sudah disiapkan anggaran-nya, Insya Allah pada TAB yang akan datang sudah terealisasi,” ungkap peraih cumlaude Sarjana Ekonomi di Universitas Leuven tersebut.

Muat Lebih

Menurut Dodi, alokasi anggaran pendidikan akan berjalan efektif apabila dikelola dengan baik dan akan memacu prestasi bagi peserta didik. Kalau seragam dan alat tulis sudah digratiskan tentu orang tua tidak akan terbeban lagi dengan biaya-biaya tambahan di sekolah. “Sehingga bisa fokus mencari uang untuk kehidupan sehari-hari,”ulasnya.

Dikatakan Dodi, salah satu indikator tercetusnya rencana program menggratiskan alat tulis dan seragam tersebut dikarenakan saat dirinya sedang masuk ke daerah-daerah pelosok seringkali ada masyarakat yang mengeluh karena ada sekolah membebankan biaya seragam dan alat tulis kepada siswa. “Nanti kalau program ini sudah berjalan, saya berharap tidak ada lagi sekolah yang menjual seragam kepada siswa apalagi memaksa,”tegasnya.

Ia menambahkan, dirinya akan membentuk tim melalui Dinas Pendidikan untuk mengawasi realisasi program tersebut dan memastikan penyebaran seragam dan alat tulis tersebut secara merata. “Nanti akan dilakukan pendataan, yang menjadi prioritas yakni siswa yang benar-benar berasal dari golongan keluarga prasejahtera,”pungkasnya.(HS-13/REL)