Dodi Susul Temannya di Penjara

APIT : Tersangka pencurian dengan pemberatan, Dodi (35), diapit polisi saat di Mapolres Empat Lawang, Jum'at (2/3). Foto : Polres Empat Lawang for Harian Silampari.

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Melenggang bebas selama lebih dari 2 tahun setelah melakukan pencurian di salah satu rumah kontrakan warga, Dodi (35) warga Tanjung Beringin, Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, akhirnya tak berkutik setelah diciduk polisi di rumahnya, Jum’at (2/3) sekitar jam 17.00 WIB.

Muat Lebih

Tersangka merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) sesuai dengan pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), dengan korbanya seorang petugas security di salah satu instansi, Herli (45) yang tak lain merupakan tetangganya sendiri.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan melalui Kasat Reskrim Polres Empat Lawang, AKP Robi Sugara menjelaskan prihal penangkapan terhadap tersangka Dodi ini. “Tindakan curat yang dilakukan tersangka Dodi, dilakukannya pada hari Rabu, tanggal 2 Desember 2015, sekitar jam 2.00 WIB, di salah satu kontrakan warga,” ungkap Robi, dalam keterangan resminya yang disampaikan ke Harian Silampari.

Diceritakannya, Curat yang dilakukan tersangka diketahui berawal saat korban Herli pulang ke kontrakannya, setelah lepas dari kerja sebagai Security. Kemudian korban mendapati kunci gembok depan rumahnya sudah tidak ada, sementara pintu rumah kontrakannya sudah dalam keadaan tidak terkunci lagi.

“Setelah korban memeriksa keadaan di dalam kontrakannya, barang-barang isi kontrakannya berupa televisi 14 inchi merek mitochiba warna silver hitam berikut satu unit Receiver merek Goldsat warna hitam, satu unit Stavol warna Merah, satu buah kompor gas merk Rinnai berikut tabung gas Elpiji 3 kg termasuk strika listrik telah raib,” jelasnya.

Menyadari hal itu, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Empat Lawang, dengan nomor laporan, LP/B/319/Xll/2015/Res Empatlawang, tanggal 5 Desember 2015, tentang perkara Curat. “Setelah dilakukan penyelidikan, dipastikan tersangka ini pelakunya. Dan tersangka baru berhasil kita tangkap hari ini,” ujarnya.

Selanjutnya diketahui, ternyata tersangka tidak melakukan pencurian itu seorang diri. Tersangka dibantu temannya atas nama Jaya Sukma dan ternyata temannya ini sudah duluan tertangkap dan sedang menjalani hukuman atas kasus lain yakni, pencurian dengan kekerasan (Curas) kendaraan roda dua.

“Tersangka Jaya Sukma, sedang menjalani hukuman di Rutan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, dalam perkara Curas kendaraan roda dua dan merupakan residivis. Terhadap tersangka Jaya Sukma, tetap dilakukan penyidikan dan pemberkasan dalam perkara Curat ini,” tandasnya. (HS-04)