DPP-KB Mura Gencar Melakukan Pembinaan Kampung KB

Plt Kepala DPP-KB Kabupaten Mura, Supardiono

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kabupaten Musi Rawas (Mura) terus gencar melakukan pembinaan kampung KB di Bumi Lan Serasan Sekentenan. Dimana, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”Untuk di Mura sedikitnya ada 25 kampung KB yang tersebar di sejumlah Kecamatan,”jelas Plt Kepala DPP-KB Kabupaten Mura, Supardiono kepada Harian Silampari beberapa hari yang lalu diruang kerjanya.

Muat Lebih

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, dari 25 kampung KB tersebut. Maka belum lama ini pihaknya bersama sejumlah instansi tekait lainnya melakukan pembinaan di dua kampung KB yakni Desa Sindang Laya dan Mukti Karya Kecamatan Muara Lakitan.”Dalam pembinaan tersebut maka kami melakukan kegiatan sektor KB dengan memasang 35 implan dan 14 suntik sekaligus pemberian alat olahraga oleh Dispora dan pemberian motor sampah oleh DLH. Bahkan, di Desa Mukti Karya sedang dilakukan pengerasan jalan,”terangnya.

Menurutnya, gerakan kampung KB ini ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan semua unsur dalam menggenjot pembangunan di dua Desa tersebut. “Kami juga melakukan kegiatan bina kelompok remaja, wanita, lansia dan juga seribu hari pertama kehidupan bagi balita untuk mencegah stunting,”bebernya.

Mengenai alasan pembentukan kampung KB di sejumlah Desa tersebut. Maka dirinya mengakui setidaknya ada beberapa indikator seperti melihat permasalahan ditingkat Desa diantaranya angka KB yang minim, permasalahan sarana dan prasarana (sapras), pernikahan dini yang masih tinggi, angka putus sekolah dan angka kematian ibu dan bayi masih tinggi. “Pada dasarnya dari hasil evaluasi kami ada peningkatan pembangunan drastis di Desa yang dibentuk sebagai kampung KB tersebut,”pungkasnya.

Laporan : Krismanto