Dua Hektar Lahan Gambut di Petunang Terbakar. Kapolsek Muara Kelingi Cek Lokasi

Padam Saat petugas BPBD kabupaten mura sedang memadamkan api yang membakar 2 hektar lahan gambut di Desa Petunang (Foto Selasa 20-8-2019)

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Sedikitnya 2 Hektar lahan gambut di Dusun III Desa Petunang Kecamatan Tuah Negeri terbakar, Selasa (20/8) Sekitar Pukul 10.00 Wib. Bahkan, kejadian ini sempat menghebohkan warga ketika api akan menjalar ke permukiman.
“Sebenarnya sejak malam tadi kami warga sudah mencium bau asap yang menyengat dan membuat warga disekitar lokasi kebakaran sesak napas,”kata Mus (37) warga Dusun III Desa Petunang Kecamatan Tuah Negeri kepada Harian Silampari, Selasa (20/8).
Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, api diketahui setelah pagi harinya. Bahkan, warga sempat melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadanya. Namun, karena api cepat menjalar maka api gagal dipadamkan.
“Kami sempat panik karena api cepat menjalar dan jika tidak cepat ditanggulangi maka lahan akan merambah ke permukiman warga tepat dibelakang rumah warga,”terangnya.
Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Paisol menjelaskan, kronologis kejadian bahwa sekitar Pukul 10.00 Wib pihaknya mendapat laporan dari masyarakat adanya kebakaran lahan warga di Desa Petunang. Dimana, setelah mendapat laporan langsung ke tempat kejadian perkara (TKP).
“Setelah mendapat laporan maka kami langsung ke lapangan. Dimana, setelah tiba dilokasi kami langsung melakukan pemadaman,”tutur Paisol.
Menurutnya, untuk lahan yang terbakar berupa semak belukar dan lahan gambut. Dimana, untuk luasan lahan terbakar tersebut kurang lebih mencapai 2 hektar (Ha).
“Untuk alat yang digunakan dalam pemadaman lahan tersebut diantaranya satu unit mobil tangki air, satu unit mobil Karhutla dan satu unit mobil yang diback up oleh Damkar Mura,”terangnya.
Terlepas dari itu, api berhasil dipadamkan setelah melakukan pemadaman kurang lebih 4 jam. Dimana, hal tersebut dikarenakan disamping lahan gambut tentunya angin yang deras membuat api sulit untuk dipadamkan.
“Dugaan awal dari keterangan warga kebakaran ini terjadi karena memang sengaja dibakar. Namun, kendati begitu untuk penindakan kami serahkan kepada penegak hukum (Gakum),”ungkapnya.

Muat Lebih

Sementara Kapolres Kabupaten Musi Rawas (Mura), AKBP Suhendro melalui Kapolsek Muara Kelingi, AKP Hendri mengakui akan melakukan pengecekan terhadap lahan yang terbakar di Desa Petunang terutama asal api.
“Saya akan turun kelapangan secara langsung guna mengecek dan mencari informasi sumber api berasal,”pungkasnya. (HS-03)