Dua Jemaah Haji Rejang Lebong Masih Tinggal di Jeddah

TIBA : Tampak jamaah Rejang Lebong tiba di rumah dinas Bupati Rejang Lebong Minggu (25/8/2019) . foto Badri Harian Silampari

SILAMPARI ONLINE

REJANG LEBONG– Sebanyak 230 jemaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong yang tergabung dalam Kloter delapan padang telah tiba di Kabupaten Rejang Lebong Minggu (25/8) siang. Hanya saja dari dari total 234 jemaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong yang tergbung dalam Kloter delapan tersebut ada dua orang yang masih tinggal di Jeddah Arab Saudi.
Dua orang yang masih tinggal di Jeddah tersebut adalah pasangan suami istri H Ujang Muhammad dan Hj Rupiah Agus Nur. Kedua jemaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong tersebut terpaksa harus pulang belakangan karena Ujang Muhammad masih sakit sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanannya ke tanah air.
“Memang ada dua jemaah haji kita yang tinggal dulu di Jeddah pak Ujang Muhammad dan ibu Rupiah, keduanya pasangan suami istri, mereka tinggal di Jedda karena pak Ujang sakit dan istrinya ikut menemani,” sampai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Drs H Lapulangi MM usai penyambutan jemaah haji di Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong, Minggu kemarin.

Muat Lebih

Kedua jemaah haji yang masih tinggal dijedah tersebut, menurut Lapulangi akan segera dipulangkan ke tanah air bila kondisi kesehatan Ujang Muhammad sudah membaik dan dinyatakan layak untuk terbang ke tanah air.

Sementara itu, dua orang lagi menurut Lapulangi juga masih tinggal di Kota Bengkulu karena harus dirawat di RSUD M Yunus Bengkulu karena setibanya ditanah air jatuh sakit. Dua jemaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong yang belum sampai ke Rejang Lebong dan masih mendapat perawatan medis di RSUD M Yunus Bengkulu adalah H Mahat Ali Worgo dan istrinya Hj Salma Umbu Singa.

Dalam kesempatan tersebut, Lapulangi mengungkapkan bahwa selain yang tergabung dalam kloter delapan Padang, masih ada jemaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong yang belum tiba di Kabupaten Rejang Lebong. Mereka adalah jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 12 Padang, jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 12 ini dijadwalkan akan tiba di Kabupaten Rejang Lebong pada Rabu (28/8) sore.

“pengambilan koper jemaah haji yang tiba hari ini (kemarin) akan mulai dilakukan besok (hari ini) di Kantor Kemenag,” pesan Lapulangi.

Sementara itu, salah satu jemaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong, Zulkarnain SE yang merupakan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Rejang Lebong, untuk jemaah haji yang sakit di Jeddah, menurutnya memang selama menunaikan ibadah haji sudah beberapa kali sakit bahkan sempat masuk rumah sakit saat berada di Kota Makkah.

“Kalau tidak salah yang sakit dan masih tinggal di Jeddah adalah warga Desa Pelalo Kecamatan Sindang Kelingi,” kata Zulkarnain.

Penyambutan jemaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong kemarin disambut langsung oleh Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SHM MSi bersama Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM dan unsur FKPD Kabupaten Rejang Lebong.
“Selamat datang kami ucapkan kepada para jemaah haji kita yang baru sampai dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga,” ujar bupati.
Dalam kesempatan tersebut, bupati berharap dan berpesan kepada para jemaah haji yang baru tiba dari tanah suci untuk bisa menjadi tauladan ataun contoh yang baik bagi masyarakat Rejang Lebong dan bisa membagi ilmu dan pengalaman mereka selama menunaikan ibadah haji dalam membantu Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk menjadikan Rejang Lebong sebagai kota relegius.(HS-06)