Dua Napi Terima Remisi Bebas

ILUSTRASI.net

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG – Dua Narapidana (Napi) penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, mendapat remisi bebas. Pada pemberian remisi akan disampaikan pada 17 Agustus 2019. Selain remisi bebas, 105 Napi lainnya akan mendapatkan potongan masa tahanan hari kemerdekaan dengan potongan masa tahanan yang bervariasi.

Muat Lebih

Kepala Cabang Rutan Tebing Tinggi, Yudhi Khairudin melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Pengolaan Rutan, Sukma Amri mengatakan, ada total 107 Napi Rutan Tebing Tinggi, akan menerima remisi hari kemerdekaan, nanti. “Total jumlah warga binaan kita saat ini sebanyak 108 orang, 107 orang akan menerima remisi dan 2 orang diantaranya bebas setelah diberikan remisi tersebut,” ungkap Sukma Amri, Selasa (13/8) pada Harian Silampari.
Dia merincikan, untuk Napi yang dikurangi selama satu bulan sebanyak 35 orang, yang dikurangi dua bulan 28 orang, dikurangi tiga bulan 31 orang dan yang dikurangi masa tahan selama empat bulan 8 orang. “Untuk yang mendapatkan pengurangan selama lima bulan sebanyak 5 orang warga binaan,” paparnya.

Seluruh warga binaan yang berhak mendapat remisi terang dia, sudah memenuhi syarat, diantaranya berkelakuan baik dan minimal sudah menjalani pidana selama enam bulan. “Rencananya, penyampaian remisi nanti akan disampaikan Bupati Empat Lawang, di Rutan Tebing Tinggi, usai pelaksanaan upacara HUT RI di lapangan Pemkab Empat Lawang,” katanya.

Lebih lanjut Sukma Amri menjelaskan, pemberian remisi kepada para Napi tidak hanya saat 17-an. Para Napi sebut dia, juga bisa mendapatkan remisi saat perayaan hari besar keagamaan. “Contoh, saat Idul Fitri, para Napi bisa diajukan remisi. Untuk Idul Adha itu tidak ada, karena tidak ada aturannya,” tukasnya. (HS-05)