Dua Rumah Warga Ulak Surung Ludes Terbakar

Warga Kelurahan Ulak Surung membersihkan puing puing pasca kebakaran, Jumat (13/9/2019). foto Istmewa

*1,5 Jam, Api Berhasil Dijinakkan

LUBUKLINGGAU-Peristiwa kebakaran dua rumah di Gang Kandis Rt 02 Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat 13 September 2019, sekitar pukul 01:15 WIB. Rumah semi permanen itu milik Haidah dan Ningsih, warga setempat.

Muat Lebih

Insiden kebakaran hebat itu tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian harta benda ditaksir Rp 200 juta. Dugaan sementara api, penyebab kebakaran diduga konsleting listrik.

Informasi diterima Silampari Online menyebutkan, sebelum kejadian, Edi selaku kakak kandung korban melihat api bersumber dari colokan listrik dengan seketika api langsung merambat dan menghanguskan ke seluruh bagian rumah yang terbuat dari papan (semi permanen). Dia mencoba memadamkan sambil berteriak minta tolong warga, namun api begitu cepat membara.

Sedangkan warga lainnya, sekitar pukul 02:25 WIB, menginformasikan kepada pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Lubuklinggau, bahwa telah terjadi kebakaran pemukiman di Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Anggota regu yang piket dengan sigap stanbay 24 jam menuju lokasi kebakaran, dan dengan cepat memadamkan api dan langsung melakukan pendinginan. Lebih kurang 1,5 jam atau pukul 03.32 WIB, Tim DP

berhasil menjinakkan api hingga benar-benar dingin dengan mengerahkan mobil DPKPB Lubuklinggau Utara dan Barat.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau AKP Horizon Manik membenarkan adanya kebakaran tersebut. “Diduga api berasal dari colokan listrik yang konsleting hingga membawa rumah semi permanen,” ujarnya. (SO-01)